Ceritaku membuka onlineshop jaman dulu

berdasarkan pengalaman yang aku alami sendiri

mulai coba jualan online baru 2010, tapi diseriusin baru 2012. Waktu 2010 itu masa dimana pembeli dan penjual sama-sama ga pinter. Belum menemukan metode yang pas. 

Paling sering aku alami sebagai penjual :

  •  stoknya habis, sementara customer uda transfer
  • salah alamat pengiriman (kronis)
  • salah kirim barang (kronis)
  • Barang dan foto beda banget

Kalo masalah stok habis, bisa di tangani dengan baik siy. setelah punya website sendiri. Website itu benar-benar membantu banget. Kalo punya jenis barang banyak, mending computerize deh. Jangan mengandalkan ingatan. Karena ingatan itu sering lumpuh..apalagi pas lagi dluar rumah, dan ada yang nanya stok barang, kasi kesempatan target untuk pindah ke lain hati (karena kelamaan jawab).

Salah alamat & salah kirim barang ini  kesalahan kronis banget. Karena menyebabkan kerugian ongkir dari penjual. Biaya retur & resend, itu kudu aku tanggung. Jadi harus bener-bener teliti. Caranya ? packing satu-satu. Jangan di tumpuk semua pesanan bareng2...kecuali punya banyak waktu buat cek cek ulang. Pengalamanku, ditumpuk bareng, membuat sebuah celana dikirim ke seseorang, yang sampe sekarang aku ga tau kemana itu celana berada (yang terima pun ga mo info kl dia dapat barang yg bukan haknya...direlakan saja Marimar). Intinya semua dikerjakan percustomer. 

Barang dan foto beda banget..hahahhahaha. ini dulu banget ya, kebetulan aku jualan baju anak impor. Itu sering sekali terjadi waktu awal-awal. Kalo sekarang ? Hampir ga pernah. Kebetulan juga aku mulai bisa memilih merk-merk yang sekiranya bener-bener bagus antara harga dan kwalitas sepadan.  Pabrik-pabrik di China pun mulai meningkatkan kualitas. Ukuran baju kaga amburadul. Duh ..dulu pernah terima complain : celananya kegedean & bajunya kekecilan.  Fotonya uda sesuai dengan realnya. Bukan sketsa baju yang dijadikan foto jualan. Tapi bener baju yang sudah dijahit dan dfoto. 

Itulah kira-kira pengalaman aku, nanti lain kali aku share tentang pembeli onlineshopku yang berbagai macam rupa hahahahahha


Ceritaku membuka onlineshop jaman dulu