Pantai Sanggar : Pantai Indah yang Masih Alami di Tulungagung

Pantai Sanggar Tulungagung : Pantai indah yang masih alami

Pantai sanggar merupakan pantai yang masih alami dan berada di desa jengglungharjo kecamatan tanggunggunung, kabupaten tulungagung. Pantai yang bersebelahan dengan pantai ngalur ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang jauh dari pemukiman warga.

panorama pantai sanggar dari sisi sebelah barat

panorama pantai sanggar

Karena jauh dari pemukiman warga pantai ini pun masih terasa alami dan cocok untuk wisatawan yang suka piknik di tempat tempat yang jarang dijamah manusia.

pantai sanggar dari atas bukit antara pantai sanggar dan pantai patuk gebang

pantai sanggar dari atas bukit

Untuk berkunjung ke pantai ini disarankan sampai pantai pagi sehingga bisa mengunjungi pantai pantai lain disekitarnya seperti patai ngalur dan pantai patuk gebang. Bahkan jika waktu longgar dan ingin camping, pengunjung bisa sekalian mengunjungi pantai jung pakis dan kalipucung.

Rute jalan menuju pantai sanggar

Untuk jalan menuju pantai sanggar hampir sama seperti pantai pantai lainnya di kecamatan tanggunggunung, yaitu dari arah pusat kota tulungagung menuju kecamatan campurdarat. Sesampainya di pertigaan pasar campurdarat belok ke kiri menuju arah pantai popoh. Sekitar 7km setelah pasar campurdarat ada pertigaan SMAN 1 Campurdarat. Di pertigaan tersebut belok ke kiri menuju ke arah tanggunggunung.

Untuk menuju pantai sanggar ikuti terus jalan yang paling lebar hingga menemukan pasar tanggunggunung. Dari pasar tanggunggunung masih terus hingga SMPN 1 tanggung gunung. Tepat di depan smp ada pertigaan, dan pantai berada di arah kanan. Dari pertigaan tersebut ke arah pantai masih belasan kilometer. Jadi cukup jauh, dan bila ragu bisa bertanya ke penduduk.

Setelah menenpuh perjalanan panjang wisatawan akan sampai di kampung terakhir yang ditandai dengan gapura bertuliskan pantai sanggar. Setelah sampai di gapura, terus saja hingga menemukan mushola di kanan jalan. Gang ke pantai sanggar berada di samping mushola.

jalan menuju pantai sanggar

jalan menuju pantai sanggar

Sesampainya di gang tersebut pengunjung dimintai sumbangan seiklasnya untuk biaya pembuatan jalan. Karena jalan sempit dan terjal, hanya sepeda motor yang bisa masuk.

Untuk mencapai pantai ada dua pilihan, pertama memarkir sepeda motor di warung setelah masuk gang, yang kedua adalah membawa sepeda motor sampai bibir pantai. Kalau cuaca cerah dan tidak habis hujan, pengunjung bisa memarkir sepeda motor ke pantai, tetapi jalannya cukup terjal dan sulit. Ketika tanah basah dan habis hujan, lebih dianjurkan untuk memarkir kendaraan di warung walaupun jalan menuju pantai masih jauh. Admin sendiri waktu ke sana lebih memilih memarkirkan sepeda motor di warung walaupun harus jalan kaki ke pantai sekitar satu jam.

Lokasi Pantai Sanggar di Google Maps

Pantai sanggar berada di koordinat 8°17’50.0″S 111°54’36.4″E untuk lebih lengkapnya bisa di buka di google maps pada tautan berikut

lokasi pantai sanggar di google maps

lokasi pantai sanggar di google maps

Jika sudah berada di sekitar lokasi pantai terutama ketika masuk hutan untuk provider seluler tertentu sinyalnya agak sulit, sehingga jika menggunakan google maps disarankan untuk mengecek lokasi dan menghafalkannya ketika masih berada di kecamatan campurdarat. Tetapi pada operator tertentu sinyal masih bisa didapatkan sampai parkiran, bahkan sampai pinggir pantai.

Pantai Sanggar Dari Terminal Gayatri Tulungagung

Untuk pengunjung yang memulai dari terminal tulingagung bisa langsung ke arah kecamatan campurdarat dan mengikuti petunjuk di atas. Arah ke campurdarat adalah dari terminal ke arah timur sekitar 500 meter ada perempatan lampu lalulintas. Dari perempatan tersebut lalu ke arah selatan. Untuk lebih lengkapnya bisa melihat peta berikut :

pantai sanggar dari terminal gayatri surabaya malang

peta pantai sanggar dari terminal gayatri

Pantai Sanggar Dari Arah Surabaya dan Malang

Baik wisatawan yang datang dari arah surabaya maupun malang bisa langsung ke arah pusat kota tulungagung. Begitupun dengan wisatawan yang datang dari arah barat seperti trenggalek, pacitan, dan ponorogo, maupun dari arah lain seperti kediri, dan blitar.

Untuk wisatawan yang dari arah surabaya bisa melewati jalur bus surabaya tulungagung agar lebih mudah. Jalur tersebut melewati mojokerto, jombang, braan kertosono, kediri, dan sampai di tulungagung. Jika sudah hafal jalan bisa juga lewat jalur alternatif yang lebih cepat seperti via pare.

Untuk wisatawan yang datang dari malang bisa lewat kepanjen, kanigoro, blitar, ngunut dan tulungagung. Jalur alternatif lainnya adalah dari kepanjen lewat wlingi untuk mencapai blitar, dan dari blitar lewat kunir untuk ke tulungagung.

Camping Ground Sekitar Pantai Sanggar

Untuk para petualang yang ingin berkemah di pantai bisa dilakukan di tepi pantai. Untuk tempatnya sendiri sudah cukup bersih dari semak semak karena dirawat oleh pemilik warung di tepi pantai. Untuk wisatawan yang hanya ingin istirahat saja, bisa istirahat di warung yang mayoritas menyediakan tempat untuk sekedar selonjoran.

Jika pengunjung membawa peralatan camp, dianjurkan untuk mengunjungi pantai pantai lain seperti patuk gebang, jung pakis, dan kali pucung agar tidak rugi sudah datang jauh jauh ke tempat ini.

Hal – hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi pantai sanggar

  • Petunjuk arah di atas dianjurkan untuk wisatawan yang menggunakan sepeda motor. Untuk wisatawan yang menggunakan mobil lebih dianjurkan untuk memarkir mobilnya di pantai sine yang jalannya lebih mulus walaupun perjalanan ke pantai sanggarnya lebih jauh dua kali lipat.
  • Untuk pengunjung lang menggunakan mobil lewat jalan diatas juga bisa, tetapi jalannya lumayan sulit.
  • Jika hujan, tidak bisa naik sepeda motor dan harus jalan kaki dari parkiran menuju pantai melewati beberapa bukit. jadi sebaiknya wisatawan memakai sepatu atau minimal sandal gunung  dan kaos yang nyaman dipakai untuk jalan jauh.
  • Jalan dari parkiran menuju pantai melewati ladang jagung warga sekitar. Jadi jangan mentang mentang sudah bayar biaya masuk terus merusak lahan pertanian di sekitarnya dan membuang sampah sembarangan.
  • Jika ingin berenang di pantai, jangan terlalu ke tengah, karena ombak pantai sangat besar.
  • Bawa barang bawaan secukupnya dan tas yang mudah dibawa untuk naik turun bukit.
  • Selamat menikmati piknik ceria dan wisata di tulungagung ^^
ombak pantai sanggar

ombak pantai sanggar

Sekian tips dan trik berwisata dari piknikceria, dan selalu ingat jaga kebersihan tempat wisata alam agar tetap lestari ^^

 

Author: Edan Piknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *