Pantai Kedung Tumpang : Kolam Alami tepi laut di Tulungagung

Kedung Tumpang Tulungagung : Kolam alami di tepi laut

Tulungagung memang memiliki banyak tempat wisata alami yang tiada habisnya untuk piknik ceria bahas. Setelah piknikceria bahas tentang pantai pucang sawit (baca : pantai pucang sawit ) kali ini piknik ceria akan membahas tentang tetangga dekatnya yang lebih dahulu eksia, yakini pantai kedung tumpang.

kolam alami kedung tumpang piknikceria.com

kedung tumpang

Sebenarnya tempat wisata ini kurang pas jika di sebut pantai, karena tempat wisata yang ada di desa pucanglaban, kecamatan pucanglaban kabupaten tulungagung ini merupakan gugusan karang yang membentuk beberapa kolam alami indah yang berisi air laut yang masih jernih sehingga wisatawan tidak akan menemukan pasir pantai seperti di pantai – pantai lain ataupun pantai – pantai tetangganya seperti panti lumbung ( baca : Pantai Lumbung Tulungagung : Pantai indah dengan watu lumbung di bibir pantainya )

kedung tumpang berada di atas batu karang

batu karang yang terhempas ombak

Tempat ini dinamakan demikian karena pada bahasa jawa, kedung berarti danau. jadi kedung tumpang berarti danau yang numpang atau berada di atas. hal ini berkaitan dengan tempatnya yang numpang atau berada di atas karang.

Kolam alami kedung tumpang

Kolam alami merupakan daya tarik utama tempat ini. Kolam yang indah dan jernih serta terdapat lumut di dasarnya yang menjadikan kolam ini unik. Kolam pada tempat ini terbentuk secara alami karena gugusan karang yang terus kerkena gelombang yang kuat dari laut selatan sehingga melubangi karang yang ada hingga membentuk kolam.

ombak kedung tumpang pada siang hari berbahaya

ombakpada siang hari berbahaya

Air yang mengisi kolam tersebut murni air laut yang terbawa oleh ombak dan tidak bisa kembali sehingga masih jernih dan terasa asin.

ombak kedung tumpang cukup kuat

ombak cukup kuat

Untuk wisatawan yang ingin berenang di kolam tersebut, disarankan untuk sampai di tempat ini pada pagi hari saat air laut sedang surut. Karena jika air laut pasang dan ombaknya tinggi, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombak disekitar tempat ini cukup tinggi dan berbahaya karena kalau sampai jatuh ke laut tidak bisa naik ke atas karena tempatnya lebih tinggi dari permukaan laut. Tentu sangat disayangkan jika jauh – jauh ke kedung tumpang tetapi tidak berenang.

kolam kolam kecil di sekitar kedung tumpang

kolam kecil di sekitar kedung tumpang

Selain kolam utama yang cukup besar, disini juga ada kolam kolam kecil yang dangkal dan seukuran sumur. kolam kolam kecil tersebut berjumlah lumayan banya dan berada di sisi barat kolam utama. pada kolam – kolam kecil tersebut pengunjung bisa fato – foto seperti di kolam renang pribadi walaupun aslinya kolam tersebut dangkal dan sempit.

Rute Jalan Menuju Kedung Tumpang

Sama seperti pantai molang pantai lumbung (Baca : Pantai Lumbung Tulungagung : Pantai indah dengan watu lumbung di bibir pantainya ) pantai kedung tumpang juga berada di pesisir selatan desa pucanglaban kecamatan pucanglaban, sehingga rute jalan yang dilalui searah dengan kedua pantai tersebut.

Dari arah tulungagung maupun blitar menuju arah ngunut. Sesampainya di pertigaan pasar ngunut ambil ke arah selatan menuju ke kecamatan pucanglaban. Setelah belok jalan terus sampe mentok. Di situ ada lampu lalulintas lagi. Kemudian ke arah kiri dan 30 meter kemudian ke arah kanan.

Kemudian ketemu jalan menaiki bukit yang oleh warga sekitar dinamakan luk songo. dan setelah itu mengikuti jalan hingga sampai ke kecamatan pacanglaban. Jika masih ragu ragu jangan sungkan sungkan untuk tanya ke warga sekitar.

Sesampainya di kecamatan pucanglaban, cari kantor kecamatan pucanglaban. Setelah sampai kantor kecamatan pucanglaban, terus sekitar 200 meter atau sampai ada petunjuk arah ke kedung tumpang.

jalan menuju kedung tumpang

jalan menuju pantai

Mulai dari petunjuk arah ini jalanan mulai sulit dan belum bisa dilalui mobil biasa (kecuali kalau nekat). Biasanya mobil di parkir di sekitar rumah warga dan melanjutkan perjalanan dengan ojek. Jika naik motor bisa langsung melanjutkan hingga parkiran.

pantai molang dan pantai lumbung dari parkiran kedung tumpang

pantai molang dan pantai lumbung dari parkiran

Dari parkiran wisatawan bisa melihat pantai molang dan pantai lumbung di sebelah tumur dan tebing terjal di kejauhan sebelah barat. kemudian wisatawan harus menuruni bukit yang curam untuk mencapai pantai. Tapi tenang, pada kunjungan admin yang ke dua, sudah disediakan banyak tali pengaman untuk pengunjung sehingga lebih aman.

Lokasi pantai kedung tumpang di google maps

Kedung tumpang berada di koordinat -8.303586, 112.011298 untuk lebih lengkapnya bisa langsung dibuka di google maps pada tautan berikut : lokasi pantai

Lokasi Pantai Kedung Tumpang dari google maps

Peta Lokasi dari google maps

Jika sudah berada di sekitar lokasi kedung tumpang untuk provider seluler tertentu sinyalnya agak sulit, sehingga disarankan untuk mengecek lokasi dan menghafalkannya ketika masih berada di kecamatan ngunut. tetapi pada operator tertentu sinyal masih ada sampai parkiran dan baru bebar benar tidak ada sinya ketika turun ke tepi pantai.

Kedung tumpang dari terminal gayatri

Untuk wisatawan yang dari terminal gayatri tulungagung, bisa langsung ke arah blitar (ke arah timur). Terus ikuti jalan tersebut hingga sampai kecamatan ngunut. Sesampainya di kecamatan ngunut bisa mengikuti petunjuk arah di atas.

Jika wisatawan menggunakan kendaraan umum, saat ini tidak ada kendaraan umum yang menuju kecamatan pucanglaban. Opsi lain bisa menyewa kendaraan di sekitar terminal, tetapi sangat jarang sekali.

Kedung tumpang dari Surabaya

Untuk wisatawan yang datang dari surabaya, jalan terdekat adalah rute surabaya – jombang – di kota jombang tepatnya di daerah jati pelem ambil arah terus ke gudo kediri  jika ke kanan arah perak. Setelah itu terus saja mengikuti jalan menuju simpang lima gumul.

Dari simpang lima gumul menuju arah blitar. Sesampainya di kecamatan srengat, cari penyebrangan sungai menuju ngunut. Tapi jalan ini kurang direkomendasikan karena harus mencari cari dan tidak selalu buka.

Untuk yang jalan lebih mudah walau sedikit memutar misa menuju surabaya – mojokerto – jombang – braan kertosono – kediri – tulungagung. Sesampainya di tulungagung cari lampu lalulintas yang di pojok kanannya ada air mancur bambu runcing kemudian belok kiri. Setelah belok kiri bisa mengikuti jalan hingga kecamatan ngunut.

Kedung tumpang dari Malang

Untuk wisatawan yang dari arah malang bisa langsung menuju kecamatan ngunut melalui kepanjen – karangkates – blitar – dan kemudian langsung ke kecamatan ngunut. Sesampainya di kecamatan ngunut bisa langsung ke arah kecamatan pucanglaban.

Hal – hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi pantai kedung tumpang

  • Jalan dari parkiran menuju pantai agak curam jadi sebaiknya wisatawan memakai sandal gunung ataupun sepatu dan kostum yang memungkinkan untuk memanjat bukan kostum ala anak- anak mall, atau bahkan kostum benyanyi.
  • Gunakan alas kaki yang tebal karena permukaan nya merupakan batu karang yang masih tajam, jadi daripada kaki terluka mending siap siap dengan alas kaki yang kuat.
  • Jalan menuju pantai melewati ladang pertanian warga sekitar. Jadi jangan mentang mentang sudah bayar terus merusak lahan pertanian di sekitarnya dan membuang sampah sembarangan. Jadi harus sopan.
  • Jangan membuat tulisan alay dan vandalisme di batu karang yang ada di pantai. Apalagi mencongkel batu untuk dijadikan aksesoris.
  • Bawa barang bawaan secukupnya dan tas yang mudah dibawa untuk naik turun dan memnjat bukit.
  • Sebaiknya membawa bahan untuk menutupi jok sepeda motor karena parkiran berada di tengah ladang yang panas.
  • Selamat menikmati piknik ceria dan wisata di tulungagung ^^
batu batu karang besar di atas kedung tumpang

batu batu besar di atas kolam

Sekian tips dan trik berwisata dari piknikceria, dan selalu ingat jaga kebersihan tempat wisata alam agar tetap lestari ^^

 

Author: Edan Piknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *