3 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan

Kota Bandung memang kota yang terkenal dengan berbagai keindahan wisatanya, terutama dengan wisata alamnya yang masih asri. Bagi Anda yang sudah bosan dengan suasana perkotaan dengan bangunan – bangunan tinggi serta udara yang sudah tidak enak untuk dihirup lagi Bandung cocok dijadikan tujuan liburan Anda.

Banyak wisatawan dari luar kota dan mancanegara yang menjadikan tujuan utama berliburnya ke Bandung. Mengingat masih banyaknya tempat wisata alam di Bandung dengan udara sejuk. Kali ini penulis akan mengulas 3 tempat di daerah Bandung Selatan yang bisa Anda jadikan refrensi ketika berkunjung ke kota yang disebut juga sebagai kota kembang.

Ranca Upas, Ciwidey, Bandung Selatan

Seperti yang sudah penulis bahas sebelumnya, kali ini kita akan mengulas salah satu tempat wisata alam  yang bernama Ranca Upas. Tempat ini terletak di daerah Ciwidey,Bandung Selatan apabila Anda tahu daerah Bandung Selatan tentunya sudah tidak asing lagi mendengar beberapa tempat wisata di daerah Selatan seperti Kawah Putih ataupun Situ Patenggang.

ranca upas bandung

ranca upas bandung

Ranca Upas masih berada berdekatan dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang jadi tidak ada salahnya apabila anda mengunjungi tempat yang satu ini juga.

Ranca Upas Ciwidey memiliki beberapa fasilitas yang tidak kalah menarik dengan tempat lainnya, mungkin sebagian wisatawan lebih mengenalnya tempat ini sebagai tempat penangkaran rusa.

Betul saja karena di tempat ini Anda dapat menikmati udara yang segar khas pegunungan Bandung sambil memfoto rusa – rusa yang ada di penangkaran. Bukan hanya penangkaran rusa saja tetapi Anda juga  dapat menikmati fasilitas outbound.

Fasilitas ini lebih banyak dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah untuk berekreasi sekaligus untuk mengajarkan mencintai alam oleh para guru-gurunya selain outbound, ada juga camping ground yang biasanya juga di manfaatkan oleh para pecinta alam ataupun para pelajar pramuka dari berbagai sekolah di Bandung. Anda juga dapat menikmati permainan ATV sambil ditemani dengan pemandangan pegunungan dan pepohonan tinggi.

Anda merasa kedinginan? Tenang Anda bisa menikmati berenang dengan air panas sekaligus mengajak buah hati Anda bermain waterboom. Mungkin jika hanya berendam atau berenang saja sudah tidak aneh lagi.

Tetapi disini Anda akan berenang di tengah – tengah hutan dengan pohon – pohon besar, ditemani dengan udara dingin khas pegunungan. Tentunya ini akan menjadikan pengalaman yang menarik bagi Anda dan sang buah hati.

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitasnya Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 10.000,- untuk satu orang dan jika Anda membawa kendaraan roda empat cukup menambahkan Rp. 5.000,-.

Situ Patenggang atau Situ Patengan

Pastinya diantara Anda sekalian sudah tidak asing lagi dengan nama salah satu tempat wisata alam ini. Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bandung Selatan.

Panorama situ patenggang bandung

Panorama situ patenggang

Sedikit mitos atau legenda Situ Patenggang. Konon katanya dahulu kala ada seorang Putra Prabu bernama Ki Santang dan titisan dewi bernama Dewi Rengganis, karena suatu hal mereka berpisah untuk waktu yang lama.

Cinta mereka yang begitu teramat dalam membuat mereka tidak bisa saling melupakan. Akhirnya mereka saling mencari ke danau ini, asal kata Patenggang atau Patengan diambil dari Bahasa Sunda yaitu pateang – teang yang artinya saling mencari – cari.

Situ Patenggang berada di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut. jika Anda berkunjung ke danau yang satu ini. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan dan kebun teh yang mengelilingi danau. Apabila Anda senang memancing anda juga bisa membawa pancingan anda, karena di danau ini Anda boleh memancing juga.

Di tengah danau ada sebuah pulau yang jika dilihat dari atas atau jika anda melihat dengan teliti pulau tersebut berbentuk seperti layaknya sebuah hati. Anda bisa berfoto dari atas pulau ini, untuk menuju ke pulau Anda dapat menyewa perahu apabila anda membawa rombongan.

Bukan hanya perahu saja tapi ada sepeda bebek air, penulis sedikit bingung namanya atau mungkin sedikit gambaran sepeda bebek air ini bisa ditumpangi hanya untuk dua orang saja. Jadi anda akan mengayuh layaknya mengayuh sepeda, hanya saja ini di air.

Di pulau yang biasa disebut pulau asmara, ada sebuah batu cinta yang konon dibuat sebagai saksi bisu kisah Dewi Rengganis dan Ki Santang, ketika akhirnya mereka bertemu di batu ini Dewi meminta satu permintaan untuk dibuatkan pulau yang berbentuk hati. Sang pujaan hatipun tidak dapat menolak permintaan kekasih, untuk bukti rasa sayangnya Ki Santang membuatkan sebuah pulau tepat di tengah danau.

Pada hari biasa Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 18.000,- per orang sedangkan pada hari libur Rp. 20.500,-. Sedikit lebih mahal bagi Anda turis mancanegara karena pada hari biasa Rp. 135.000,- dan Rp. 185.000,- pada hari libur.

Kawah Putih

Kawah Putih berada sebelum Situ Patenggang, jadi jika anda berencana mengunjungi tempat wisata yang satu ini anda akan melewati Kawah Putih dulu baru Situ Patenggang.

kawah putih bandung

kawah putih bandung

Kawah Putih terletak di Bawah Kaki Gunung Patuha, pada tahun 1987 PT. Perhutani Unit III Jawa Barat membuka kawasan ini sebagai lokasi wisata kawah putih.

Kawah ini merupakan sebuah kawah vulkanik yang disekitarnya terhampar tanah yang berwarna putih, warna tersebut berasal dari adanya kandungan belerang di dalam tanah.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya anda membawa penutup hidung atau masker karena bau belerang yang sangat menyengat, serta membawa jaket juga karena udara yang dingin.

Anda juga dapat membawa telur, jika ingin mencoba memasak telur di dalam air belerang. Karena suhu air belerang mencapai 15 derajat celcius, tidak butuh waktu lama agar Anda dapat menikmati telur rebus dari air belerang.

Kawasan ini juga sering dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding, karena keindahan alamnya. Disekitar lokasi juga terdapat warung oleh-oleh untuk Anda yang ingin membawa beberapa cinderamata khas Bandung.

Untuk memasuki Kawah Putih Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 18.000,- dan untuk wisatawan mancanegara atau turis sebesar Rp. 50.000,-. Sedangkan bagi Anda yang berniat untuk membuat foto pre-wedding, akan dikenakan biaya Rp. 500.000,-.

Apabila penciuman anda cukup sensitif terhadap bau, sebaiknya Anda tidak terlalu lama berada di lokasi kawah. Dikarenakan bau belerang yang sangat menyengat.

Sekian ulasan 3 tempat wisata alam di Bandung Selatan yang penulis rekomendasikan untuk Anda apabila berencana berlibur ke Kota Bandung. Apabila Anda dari Jakarta untuk mencapai ke lokasi wisata di daerah Selatan Kota Bandung, membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam setengah.

Rute yang biasa ditempuh, Anda bisa keluar dari Tol Kopo agar lebih dekat lalu dilanjutkan lagi ke arah Soreang. Sekitar 14 Kilometer Anda sudah sampai di Daerah Ciwidey.

 

Author: Joe Paijo

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *