Kawah Ijen Banyuwangi : Surganya Para Petualang

Indahnya Kawah Ijen, Surganya Para Petualang

Indahnya Kawah Ijen, Surganya Para Petualang – Jika Anda termasuk seseorang yang mempunyai nyali berpetualang, tentunya  Anda tidak ingin melewatkan keindahannya pesona yang dimiliki oleh kawah ijen ini. Kawasan wisata kawah ijen ini dapat dikatakan sangat cocok untuk dijadikan sebuah destinasi wisata utama untuk para petualang dunia. Oleh karena itu Anda tidak perlu heran jika di kawasan ini Anda akan menemukan banyak sekali orang asing yang datang sengaja mengunjungi tempat ini.

Keindahan pesona alam yang di miliki oleh kawah ijen memang sangat mempesona. Daya tarik kawah ini yang paling kuat adalah dari pemandangan blue fire-nya. Pada malam hari hingga subuh, lokasi wisata alam ini akan sangat ramai bagaikan surganya para wisatawan yang ingin menyaksikan blue firenya Kawah ijen. Keindahan alam yang sangat mempesona ini juga banyak sekali diabadikan oleh para fotografer. Jadi tidak heran jika di sini justru ramai pada saat malam hari hingga subuh.

Indahnya Kawah Ijen, Surganya Para Petualang

Kawah Ijen atau juga Gunung Ijen adalah tergolong salah satu gunung yang masih sangat aktif hingga saat ini. Ketinggian Gunung ijen ini mencapai kurang lebih 2.443 m dari atas permukaan laut (dpl). Dan kawah ijen ini juga diselimuti oleh dinding kaldera setinggi 300 hingga 500 m. Di Gunung Ijen pernah meletus sebanyak 4 kali pada tahun 1796, 1817, 1913 dan juga 1936. Namun hingga detik ini kawah ijen ini masih aktif.

api biru kawah ijen

api biru kawah ijen

Pertambangan Belerang

Di kawasan gunung berapi ini, hingga sekarang ini memang dijadikan sebagai tempat utnuk pertambangan belerang. Adanya belerang yang ada di gunung ijen tersebut, mengindikasikan gunung ijen ini masih aktif. Para wisatawan yang berkunjung ke sini dapat secara langsung menyaksikan para penambang yang bekerja mondar mandir memanggul belerang. Tetapi pengunjung ketika ada dilokasi kawah ijen ini tetaplah harus berhati-hati, karena jalanan yang ada banyak sekali yang curam dan juga banyak dipenuhi oleh gas beracun

kawah ijen

kawah ijen

.

Rute Perjalan Untuk Menuju Kawasan Wisata Gunung Ijen

Kawasan destinasi wisata Kawah Ijen bisa Anda ditempuh dengan melalui dua jalur yaitu dari arah selatan dan juga arah utara. Sehingga para pengunjung dapat memilih jalur mana yang ingin di pilihan untuk mencapai puncak gunung ijen ini.

 

Dari arah selatan, Jalur yang akan Anda lalu dapat melewati Banyuwangi kemudian menuju Licin dengan jarak tempuh yang dilalui sekitar 15 Km. Dari Licin ke Paltuding berjarak kurang lebih 18 Km dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan mobil Jeep dengan jarak 6 Km.  Jalan untuk menuju kawasan ini memang mempunyai jalan yang cukup menantang

Sedangkan untuk dapat menempuh  kawasan kawah ijen dari jalur sebelah utara, melalui Situbondo ke arah Sempol (Bondowoso) Anda dapat lewat Wonosari dan kemudian dilajutkan ke Paltuding. Jarak tempuh yang ada dari Situbondo menuju ke Paltuding sekitar kurang lebih  93 Km dan bisa ditempuh dengan waktu selama sekitar kurang lebih 2,5 jam perjalanan.

pemandangan kawah ijen malam hari

pemandangan kawah ijen malam hari

Demikian ulasan mengenai Kwah Ijen yang mempesona. Semoga dengan ulasan ini Anda mendapatkan referensi wisata yang menarik

 

 

Author: Petualang Cantik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *