Pantai Sine : Pantai Matahari Terbit di Tulungagung

Pantai Sine : Pantai Matahari Terbit di Tulungagung

Setelah hampir satu bulan vakum karena kesibukan, kali ini tim piknik ceria akan menghadirkan satu pantai eksotis lagi dari tulungagung, yaitu pantai sine. Sebetulnya tulisan ini dikerjakan bersamaan dengan pantai dlodo yang berada di sebelahnya, tetapi karena berbagai hal akhirnya baru bisa di posting sekarang.

sunrise pantai sine

sunrise pantai sine

Mendengar nama sine, masyarakat tulungagung dan sekitarnya mungkin sudah banyak yang familiar. Hal tersebut dikarenakan pantai ini sudah lama”ditemukan” dan sudah menjadi perkampungan nelayan. Selain itu nama tersebut juga dijadikan nama teluk dimana pantai ini berada.

Sunrise Pantai Sine

Menurut pengalaman penulis, sunrise di pantai ini merupakan salah satu sunrise pantai terbaik di Tulungagung. Mungkin karena di tulungagung tidak banyak pantai yang menghadap timur hahaha.

sunrise pantai sine

sunrise pantai sine

Walaupun sedikit ternodai dengan perahu nelayan, jika menemukan posisi yang pas (jauh dari nelayan) pengunjuung akan mendapatkan pemandangan indah perpaduan dari pantai, matahari, dan bukit di seberang lautan.

 

Rute Jalan Menuju Pantai Sine

Dari kawasan kota tulungagung untuk mencapai pantai sine cukup mudah. Hal ini karena pantai tersebut merupakan salah satu pantai utama dan pusat nelayan di kawasan kabupaten tulungagung. Jalan ke pantai juga sudah mulus hingga bibir pantai, sehingga pengunjung yang menggunakan sepeda motor maupun mobil tak perlu khawatir dengan jalan yang dilalui.

Dari kawasan pusat kota tulungagung pengunjung dapat melewati jalan berikut :

  • Dari terminal tulungagung menuju arah timur ke arah kecamatan sumbergempol atau ke arah blitar
  • Terus hingga perempatan lampu merah ke empat. Perempatan ini dinamakan perempatan gragalan. Jika bingung perempatan gragalan berada disebelah timur STKIP PGRI Tulungagung dan STAIN Tulungagung. Perempatan berada sebelum perlintasan kereta api. Jadi jika sudah melewati perlintasan kereta api berarti kejauhan.
  • Dari perempatan gragalan belok ke arah kanan.
  • Ikuti jalan hingga sampai di kecamatan kalidawir
  • Sesampainya di pasar kalidawir belok ke arah kanan
  • Ikuti jalan terus hingga ke pantai sine. Di pinggir jalan banyak terdapat petunjuk arah.

Lokasi Pantai Sine di Google Maps

Pantai Sine Dari Malang

Jika pengunjung berasal dari kawasan malang dan sekitarnya seperti lumajang, bangil, pasuruan, jember dan daerah lain bisa mengikuti petunjuk arah berikut :

  • Dari malang ke arah kepanjen
  • Dari kepanjen menuju blitar melewati karangkates
  • Setelah karangkates bisa memilih jalur wlingi maupun kanigoro. Jalan paling pendek melewati kanigoro.
  • Sesampainya di blitar cari arah tulungagung via ngunut
  • Sesampainya di tulungagung tidak langsung ke arah kota tetapi cari perempatan gragalan. Perempatan ini setelah stasiun sumbergempol jika dari arah malang

Pantai Sine Dari Surabaya

Untuk wisatawan yang berasal dari arah surabaya bisa  mengikuti jalur bus surabaya – Tulungagung melewati krian, mojokerto, mojoagung, jombang, kertosono, kediri, tulungagung.

Sesampainya di tulungagung bisa mengikuti petunjuk arah diatas.

Fasilitas di Pantai Sine

Sebagai tempat wisata yang sudah ramai serta adanya tempat pelelangan ikan, fasilitas di pantai sine sudah sangat lengkap.

Tempat pelelangan ikan pantai sine

Tempat pelelangan ikan pantai sine

Toilet di Pantai Sine

Untuk urusan toilet, di pantai sine sudah ada toilet yang cukup memadai. Toilet tersebut berada di kompleks tempat pelelangan ikan pantai sine.

Tempat Parkir di Pantai Sine

Pada saat tim piknik ceria ke sana, tidak ada tukang parkir di pantai ini. Sebagian besar pengunjung memarkir kendaraan di sekitar kompleks tempat pelelangan ikan, baik di sisi tepi pantai, maupun di sekitar warung penjual makanan.

Warung Makanan di Pantai Sine

Di pantai ini banyak penjual makanan dan minuman. Para penjual membuka lapak di sekitar tempat pelelangan ikan. Jadi pengunjung tidak usah khawatir kehausan ketika piknik ke pantai ini.

Tempat Mendirikan Tenda di Pantai Sine

Karena di pantai ini terdapat banyak rumah penduduk, tempat mendirikan tenda terbaik adalah di sekitar tempat pelelangan ikan. Di samping tempat pelelangan ikan tersebut masih terdapat tempat yang lumayan luas dan bisa langsung mengarah ke pemandangan sunrise ketika pagi hari.

Kelebihan lainnya ketika camp di tempat ini adalah ketika hujan lebat maupun badai, pengunjung bisa pindah ke tempat pelelangan ikan yang belum di pakai. Selain itu juga terdapat toilet dan mushola. Tapi kalau jiwa adventure tinggi mungkin fasilitas tersebut malah akan menjadi sebuah kekurangan.

Waktu Terbaik ke Pantai Sine

Hal terbaik yang ada di pantai ini adalah matahari terbit, sehingga disarankan pengunjung untuk datang ketika pagi buta dan langit cerah. Jika ingin menonton sunrise si pantai ini disarankan untuk camping di tempat ini karena pada umumnya waktu yang dibutuhkan dari pusat kota tulungagung hingga pantai sekitar satu setengah hingga dua jam sehingga jika ingin langsung harus berangkat sebelum subuh.

pasir pantai sine

pasir pantai

Waktu gerhana matahari kemarin penulis dengan kecepatan penuh dan jalan sepi bisa sampai dalam waktu satu seperempat jam.

Tempat Wisata Lain Disekitar Pantai Sine

Ada dua pilihan paket wisata yang bisa ditempuh dari pantai sine. Paket pertama yaitu melanjutkan perjalanan ke pantai ngalur, sanggar dan patok gebang. Untuk paket ini, pengunjung bisa menaiki tambangan (prahu penyeberangan sungai) kemudian ke desa terakhir sebelum pantai sanggar dan jalan ke pantai sanggar dan patok gebang. Untuk ke pantai sanggar berjarak sekitar 3 km. Lebih jelasnya bisa membaca postingan tentang pantai sanggar dan langsung ke petunjuk arah mulai dari desa terakhir. Paket wisata ini tergolong sulit karena harus berjalan jauh.

Baca :

Pantai Sanggar : Pantai Indah Yang Masih Alami di Tulungagung

Pantai Patuk Gebang : Pantai Dengan Deburan Ombak Spektakuler

Kalipucung : Keindahan Kolam Renang Alami Dengan Latar Laut Lepas

 

Untuk paket yang kedua bisa menuju pantai dlodo, pantai pucang sawit, kedung tumpang, pantai molang dan pantai lumbung. Kecuali pantai pucang sawit dan kedung tumpang, pantai pantai di atas tidak membutuhkan fisik ekstra karena bisa langsung sampai tepi pantai. Untuk mencapai pantai tersebut, dari sine kembali ke atas hingga bertemu desa. Kemudian cari pertigaan besar kedua menuju pucanglaban. Atau bisa membaca arah pantai dlodo.

Baca :

Pantai Dlodo Tulungagung : Pantai dengan Gumuk Pasir yang Mempesona

Pantai Pucang Sawit Tulungagung : Pantai Eksotis Dengan Tumpukan Batu Batu Besar

Kedung Tumpang : Kolam Alami Tepi Laut di Tulungagung

Pantai Lumbung : Pantai indah dengan watu lumbung di bibir pantainya

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkunjung ke Pantai Sine

  • Menurut pandangan penulis yang sering ke pantai, yang istimewa dari pantai ini adalah matahari terbit, selain itu cenderung biasa, sehingga disarankan untuk menyaksikan matahari terbit di sini.
  • Lebih disarankan untuk menginap di pantai
  • Jika tidak menginap, lebih baik berangkat dari kota tulungagung dua jam sebelum matahari terbit. Untuk jadwal matahari terbit bisa diperoleh di kalender maupun di internet.
  • Jangan lupa untuk berkuncung ke pantai lainnya jika sudah sampai tempat ini. Terutama mengunjungi pantai terdekatnya yaitu pantai dlodo.

Selamat be piknik ceria di tulungagung lagi ya 🙂

Author: Edan Piknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *