Pantai Dlodo Tulungagung : Pantai Dengan Gumuk Pasir yang Mempesona

Pantai Dlodo Tulungagung : Pantai dengan Gumuk Pasir yang Mempesona

Kali ini tim piknik ceria kembali menjelajah pantai pantai di kawasan kabupaten tulungagung. Dalam kesempatan ini giliran pantai dlodo di kawasan kecamatan pucanglaban yang tim piknik ceria sambangi.

gumuk pasir pantai dlodo

gumuk pasir pantai dlodo

Pantai dlodo murupakan salahsatu pantai paling eksotis di tulungagung. Walau tak se tenar kedung tumpang ataupun pantai sine di dekatnya, pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai yang ter panjang dan memiliki gumuk pasir yang tidak ada di pantai lain di tulungagung maupun jawa timur. Selain ada gumuk pasirnya, di pantai ini juga memiliki ombak yang besar, bisa mencapai 7 meter.

Gumuk Pasir Pantai Dlodo

Gumuk pasir merupakan atraksi utama di pantai ini. Walaupun gumuk pasir di pantai ini tidak sebesar gumuk pasir di pantai parangkusumo namun pasir di sini lebih putih sehingga cukup untuk berfoto ria ala padang pasir.

gumuk pasir pantai dlodo dari jauh

gumuk pasir pantai dlodo dari jauh

Selain gumuk pasir putih, di sini juga ada bukit pasir kecil berisi bijih besi. Sebagian pasir yang berupa bijih besi sudah di tambang sehingga menyisakan kubangan tambang pasir.

Pasir Hitam biji besi

Pasir Hitam biji besi

Untuk sisa pasir lainnya sama dengan pasir yang ada di kawasan pantai lumbung. Yaitu pasir putih dengan sedikit ada pasir hitamnya.

Garis Pantai Panjang

Walaupun gumuk pasir hanya berada di sisi barat pantai, tetapi pantai ini konon merupakan pantai terpanjang di tulungagung dengan panjang bibir pantai mencapai 2 km. Pada kesempatan kali ini tim piknik ceria hanya berada di sisi barat, tidak menyeberang ke sisi timur yang dipisahkan oleh sungai walaupun sungainya bisa dilewati dengan jalan kaki.

panorama pantai dlodo

panorama pantai dlodo

Ombak Besar

Pantai ini langsung menghadap laut lepas sehingga mendapatkan angin yang sangat kuat. Angit kuat tersebut dapat mengarahkan pasir naik mengunung hingga menghasilkan gumuk pasir di daratan sedangkan di lautannya menghasilkan ombak yang sangat besar. Konon pada hari biasa ombak di pantai ini bisa mencapai 7 meter dan bisa naik hingga belasan meter ketika terjadi super moon.

Rute Jalan Menuju Pantai Dlodo

Sebenarnya ada dua jalur untuk ke pantai ini, namun jika pengunjung dari kawasan kota tulungagung, jalur yang paling dekat adalah melewati kecamatan kalidawir.

  • Untuk mencapai pantai jalur yang ditempuh dari terminal tulungagung ke arah timur menuju perempatan gragalan.
  • Perempatan gragalan merupakan perempatan lampu merah ke empat dari terminal tulungagung dengan rincian terminal gayatri tulungagung, perempatan tamanan, perempatan jepun, perempatan bus ngoling dan baru perempatan gragalan.
  • Di perempatan gragalan belok ke kanan ke arah kecamatan kalidawir. Untuk memudahkan pengunjung ikuti saja petunjuk arah pantai sine maupun jalan yang paling lebar.
  • Sesampainya di pertigaan pasar kalidawir belok ke kanan mengikuti petunjuk arah pantai sine.
  • Setelah beberapa kiloneter perjalanan memasuki pegunungan.
  • Setelah itu cari pertigaan yang ke arah kiri pantai dlodo dan kedung tumpang sedangkan arah kanan pantai sine. Atau jika bingung cari ke arah desa kalibatur.
  • Setelah menemukan jalan belok ke kiri tersebut ikuti jalan hingga menemukan pertigaan dengan tanda ke kiri kedung tumpang. Jalan ke kiri mulun dan jalan terus aspalnya rusak.
  • Di pertigaan tersebut ambil yang lurus. Jika benar akan menemukan kuburan di kanan jalan. Ikuti jalan sampai pinggir pantai dlodo

Lokasi Pantai Dlodo di Google Maps

Pantai ini berada di koordinat

Pada saat di pegunungan dan hutan sekitar pantai tidak ada sinyal dari kedua operator yang admin pakai. Sebaiknya jika menggunakan GPS, gunakan GPS yang bisa mode offline atau menghafal arah lokasinya.

Pantai Dlodo Dari Malang

Untuk yang berasal dari kawasan malang tidak disarankan mengikuti jalur yang pertama karena terlalu jauh. Dari kawasan malang bisa menuju tulungagung melewati daerah kepanjen, karangkates, wlingi, blitar, ngunut. Atau jika ingin lebih cepat bisa melewati daerah kanigoro. Jika berasal dari malang sekitar kota batu bisa melewati jalur pujon, kandangan , pare,  kediri, tulungagung.

Sesampainya di kawasan pasar ngunut belok ke kiri ke arah kecamatan pucanglaban melewati luk songgo. Jika sudah sampai pucanglaban bisa tanya ke penduduk arah pantai dlodo.

Pantai Dlodo dari Surabaya

Untuk yang berasal dari kawasan surabaya dan sekitarnya seperti gresik, sidoarjo dan madura bisa mengikuti jalur bus surabaya tulungagung dengan rute surabaya – mojokerto – jombang – kertosono – kediri – tulungagung. Sesampainya di terminal tulungagung bisa mengikuti petunjuk arah diatas.

Fasilitas di Pantai Dlodo

Pantai dlodo masih sangat alami sehingga tidak ada fasilitas pendukung pariwisata samasekali. Tidak seperti kedung tumpang maupun pantai sine yang bersebelahan, di sini pengunjung memarkir motor di kebun kelapa. Untuk air bersih dan toilet juga tidak ada, begitu pula tidak ada penjual makanan ringan dan air minum.

Tempat Mendirikan Tenda di Pantai Dlodo

Untuk wisatawan yang ingin camping di tepi pantai lebih disarankan untuk mendirikan tenda di kawasan perkebunan kelapa tepi pantai. Di perkebunan ini lebih aman dari angin dan panas dan berada masih segaris dengan pantai. Walaupun demikian di perkebunan ini banyak sapi dan kotorannya jadi harus hati – hati.

perkebunan kelapa

perkebunan kelapa

Jika ngotot ingin mendapatkan foto tenda di tepi pantai bisa mendirikan tenda di pasir bagian tengah yang datar. Bukan di gumuk pasir nya. Di tempat ini pasirnya lebih datar dan agak keras. Walaupun tetap kurang cocok untuk mendirikan tenda.

Waktu Terbaik ke Pantai Dlodo

Untuk ke pantai ini usahakan beberapa bulan setelah musim kemarau. Pada musim kemarau pasir pantai membentuk gelombang seperti tertiup angin. Sedangkan pada musim hujan gumuk pasirnya cenderung rata karena terkena air hujan.

diatas gumuk pasir

diatas gumuk pasir

Selain itu usahakan ke pantai pagi ataupun sore hari. Hal ini karena pada saat siang hari di pantai ini sangat panas.

Tempat Wisata Lain Disekitar Pantai Dlodo

Banyak pantai lain yang letaknya berdekatan dengan pantai dlodo walaupun untuk ke sana harus memutar lumayan jauh. Atara lain pantai sine di barat, pantai pucang sawit (baca : Pantai Pucang Sawit Tulungagung : Pantai Eksotis Dengan Tumpukan Batu Batu Besar ), kedung tumpang (baca : Kedung Tumpang : Kolam Alami Tepi Laut ), pantai lumbung (baca : Pantai Lumbung : Pantai Indah dengan Watu Lumbung ) dan pantai molang di sebelah timur.

sisi timur pantai dlodo dipisahkan sungai

sisi timur pantai dlodo dipisahkan sungai

Jika punya waktu untuk menginap bisa menginap dam mendirikan tenda di pantai sine. Di sini pengunjung bisa melihat matahari terbit pada pagi harinya. Setelah adak siang bisa sarapan dan ngopi dahulu di sine. Setelah itu geser ke pantai dlodo dan main di sana sebelum tengah hari.

Sore harinya bisa main air di pantai lumbung ataupun menonton sunset di kedung tumpang.

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengunjungi Pantai Dlodo

  • Siapkan kendaraan untuk medan offroad. Lebih dianjurkan menggunakan sepeda motor walaupun sebenarnya mobil bisa asal bisa digunakan offroad
  • Datanglah sepagi mungkin agar tidak terlalu panas
  • Gunakan tabir surya untuk menghindari kulit belang
  • Bawa makanan dan minuman sendiri karena belum ada penjual di pantai
  • Jangan membuang sampah sembarangan terutama di gumuk pasirnya.
  • Jangan lupa ke pantai – pantai lain disekitarnya

Selamat ber piknikceria di tulungagung ^_^

Author: Edan Piknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *