Pantai Sioro Tulungagung

Pantai Sioro Tulungagung

Pantai Sioro merupakan salah satu Pantai yang jarang dijamah wisatawan di Tulungagung. Secara administratif, Pantai ini berada di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggungunung, Kabupaten Tulungagung.

Pantai Sioro berhadapan langsung dengan laut lepas sehingga di pantai ini ombaknya tinggi dan kurang cocok untuk mandi. Selain itu anginnya juga lumayan kencang.

pinggir pantai sioro tulungagung

pinggir pantai sioro

Keunikan Pantai Sioro

Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah tempatnya yang masih asri dan jarang terjamah. Selain itu di pinggir pantai ini ada tebing karang sehingga bisa menikmati pantai dan karang sekaligus.

twbing pantai sioro

tebing pantai sioro ( sumber )

Rute Jalan Menuju Pantai Sioro

Untuk mencapai pantai sioro berawal dari pusat kota tulungagung  sebagai berikut :

  • Dari pusat kota tulungagung menuju arah selatan mengikuti petunjuk arah ke pantai popoh ataupun kecamatan campurdarat.
  • Ikuti jalan hingga menemukan pertigaan pasar campurdarat. Dari pusat kota sampai tempat ini sekitar 15 km. Jika benar jalur akan melewati pasar boyolangu.
  • Sesampainya di pertigaan pasar campurdarat belok ke arah kiri mengikuti jalur ke arah pantai popoh.
  • Sekitar 7 km dari pasar ada pertigaan SMAN 1 Campurdarat. Di pertigaan tersebut belok ke kiri ke arah kecamatan Tanggunggunung.
  • Ikuti jalan berkelok – kelok di atas gunung hingga menemukan pertigaan arah pantai brumbun. Pertigaan ini berjarak sekitar 5 km dari pertigaan sebelumnya. Pertigaan ini agak kurang terlihat dari arah campurdarat.
  • Di pertigaan tersebut belok ke arah kanan menuju arah pantai brumbun.
  • Sekitar 1km terdapat perkampungan penduduk, di perkampungan tersebut ada pertigaan dan ambil ke arah kiri menuju arah balai desa Ngrejo.
  • Setelah melewati balaidesa ngrejo kecamatan tanggunggunung sebaiknya tanya ke penduduk arah pantai Sioro karena akan banyak melewati persimpangan di tengah ladang jagung.

Lokasi Pantai Sioro di Google Maps

Pada google maps, pantai ini berada pada koordinat atau dapat mengikuti tautan berikut : lokasi pantai

Jika tidak ingin tersesat lebih baik menggunakan peta untuk ke lokasi. Namun pada provider tertentu sinyal sulit didapatkan.

Pantai Sioro dari  Malang

Untuk wisatawan yang berasal dari malang dapat menggunakan jalur malang – kepanjen – karangkates – blitar – tulungagung. Dari karangkates menuju blitar lebih cepat lewat kanigoro daripada wlingi.

Untuk yang berasal dari malang sekitar kota batu dapat juga melewati jalur batu – pujon – ngancar – kandangan – pare – kediri – tulungagung. Setelah sampai Tulungagung dapat melewati jalur diatas.

Pantai Sioro dari Surabaya

Untuk wisatawan yang berasal dari kawasan surabaya dan sekitarnya seperti sidoarjo, gresik, dan madura bisa melewati jalur surabaya – waru – krian – mojokerto – jombang – kertosono – kediri – tulungagung. Jalur ini lebih disarankan karena ramai dan banyak fasilitas di sepanjang jalur. Jika memilih jalur yang lebih sepi bisa via jombang langsung ke simpang lima gumul.

Pantai Sioro dari Trenggalek

Untuk wisatawan yang berasal dari barat kabupaten Tulungagung seperti Trenggalek, Pacitan, Ponorogo maupun Magetan bisa melewati jalur trenggalek  – tulungagung. Sesampainya di pertigaan pasar durenan tidak ke arah tulungagung tetapi belok ke kanan ke arah kecamatan bandung. Sesampainya di perempatan lampu merah bandung belok ke kiri menuju kecamatan campurdarat. Jalur ini langsung sampai ke pertigaan pasar Campurdarat.

Kendaraan Umum Ke Pantai Sioro

Untuk saat ini belum ada kendaraan umum yang menuju ke arah pantai sioro. Selain itu mobil pun belum bisa mengakses pantai ini. Jalan satu – satunya adalah sengan menggunakan sepeda motor.

Fasilitas di Pantai Sioro

Pantai ini tergolong pantai yang tersembunyi. Berada jauh dari perkampungan dam melewati ladang. Untuk mencapai pantai ini pun harus melewati medan yang lumayan ekstrim.

Tidak ada fasilitas apapun di pantai ini karena letaknya.

Tempat Mendirikan Tenda di Pantai Sioro

Lebih disarankan untuk mendirikan tenda di dekat kebun warga. Walaupun agak jauh dari pantai namun tempai ini adalah tempat yang paling aman karena jika mendirikan tenda di tepi pantai rawan terkena ombak dan angin.

Tak seperti pantai lain seperti patuk gebang (baca : Pantai Patuk Gebang : Pantai Dengan Deburan Ombak Spektakuler ) yang lebih disarankan untuk mendirikan tenda dan menginap di pantai, untuk berwisata di pantai ini lebih disarankan untuk tidak menginap karena lokasinya kurang memungkinkan dan cukup satu hari untuk berkunjung di sini.

Waktu Terbaik Pergi ke Pantai Sioro

Untuk yang ingin ke pantai ini sebaiknya dari pagi sudah berada di tulungagung. Kemudian melanjutkan perjalanan ke pantai. Jika memungkinkan, Anda bisa mengunjungi pantai – pantai lain disekitarnya dalam sekali kunjungan seperti pantai segladak, pantai glogok dan pantai glodek.

binatang penghuni pantai sioro

binatang penghuni pantai sioro

Tempat Wisata Lain Disekitar Pantai Sioro

Untuk yang ingin menikmati beberapa pantai sekaligus, bisa ke pantai glodek, pantai segladak, maupun pantai glogok. Ketida pantai tersebut adak dekat dari pantai sioro. Jika menyempatkan menginap, pindah ke teluk brumbun untuk menikmati pantai ngerangan, brumbun, dan pantai sambung (baca : Pantai Sambung : Pantai Tersembunyi di Tulungagung ) merupakan pilihan yang tepat.

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkunjung ke Pantai Sioro

  • Jalan yang dilalui dari desa terakhir ke pantai adalah jalan setapak, sehingga pengunjung hanya bisa menggunakan sepeda motor.
  • Cek kendaraan anda sebelum berangkat, terutama ban dan bensin
  • Bawa kunci ganda untuk mengamankan sepeda motor karena harus ditinggal di kebun warga.
  • Bawalah air dari kota karena di tempat ini tidak ada penjual minuman.
  • Siapkan fisik yang prima karena harus menempuh jalan yang ekstrim
  • Jangan lupa mampir ke pantai – pantai lain disekitarnya
  • Jangan mandi di laut karena ombaknya cukup besar

Selamat ber piknikceria di tulungagung 🙂

Author: TukangPiknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *