Bukit Sikunir Wonosobo : Tempat Melihat Sunrise Terbaik

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Setelah puas mengeksplorasi daerah jawa timur, kali ini tim piknikceria beralih ke daerah jawa tengah. Berbeda dengan postingan sebelumnya yang membahas pantai, kali ini kami akan beralir gunung. walaupun lebih tepatnya bukit, yaitu bukit sikunir.

golden sunrise

golden sunrise

Bukit sikunir berada di desa sembungan kecamatan kejajar kabupaten wonosobo. Konon desa sembungan merupakan desa tertinggi di pulau jawa. Desa ini berada sekitar 7 km dari pusat dataran tinggi dieng. Dari atas bukit ini kita bisa melihat mata hari terbis berwarna emas dengan latar dataran tinggi serta gunung sindoro yang berada di kejauhan.

Golden Sunrise Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Salah satu atraksi utama yang ditunggu tunggu pengunjung kerika mengunjungi dieng adalah golden sunrise sikunir. Konon katanya sunrise di tempat ini merupakan salahsatu sunrise paling indah, tentu jika cuacanya mendukung.

Rute Jalan Menuju Bukit Sikunir Dieng

Untuk yang dari arah wonosobo (sekitar alun alun) terus saja cari jalan besar ke arah utara. Pada jalan utama tersebut sudah banyak petunjuk arah ke dieng.

Bukit Sikunir Di Google Maps

Pada google maps, bukit sikunir berada pada koordinat 7°14’22.4″S 109°55’28.0″E atau bisa menggunakan link berikut : lokasi bukit

Lokasi Bukit Sikunir di Google Maps

Lokasi Bukit Sikunir di Google Maps

Kendaraan Umum Menuju Bukit Sikunir

Jika berasal dari jogja, solo, ataupun surabaya cari bus jurusan magelang. Sesampainya di terminal magelang cari bus ke wonosobo. Dari terminal wonosobo cari angkot kuning ke kota wonosobo terus cari mini bus tujuan dieng dari kota wonosobo.

Untuk yang berasal dari jakarta, bandung, dan semarang ada bus langsung ke wonosobo. Di terminal wonosobo oper ke angkot kuning dan ganti ke mini bus tujuan dieng.

Bukit Sikunir Dari Arah Jogjakarta

Jika kalian menggunakan google maps, pasti yang ditunjukkan adalah jalur paling pendek. Pada kasus tim piknikceria jalur yang ditunjukkan adalah melewati kota temanggung kemudian ke muntung lalu lansung ke dieng. Rute ini menurut beberapa orang yang sudah melewatinya merupakan rute yang susah, jalannya rusak dan berkelok kelok.

jalur jogja - dieng yang sulit

jalur jogja – dieng yang sulit

Lebih disarankan untuk yang dari jogja menggunakan jalur yogyakarta – magelang – secang – temanggung parakan – wonosobo – dieng. Jalur ini lebih direkomendasikan terutama untuk yang jalan pada malam hari karena jalannya sudah mulus dan banyak rumah penduduk di kiri kanan jalan.

jalur jogja - dieng yang disarankan

jalur jogja – dieng yang disarankan

Bukit Sikunir Dari Arah Solo

Jika wisatawan berasal dari surakarta atau sekitarnya seperti karanganyar, wonogiri, klaten, sragen, ngawi, megetan jalur yang paling mudah adalah Solo – Kartasura – Boyolali – Salatiga – Bawen –Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Wonosobo – Kejajar – Dieng. Jalur tersebut melewati jalan utama sehingga memudahkan dalam pencarian rambu penunjuk arah dan jalannya relatif mudah.

jalur solo - dieng yang disarankan

jalur solo – dieng yang disarankan

Bukit Sikunir Dari Arah Surabaya

Jika wisatawan berasal dari surabaya, bisa mengikuti jalur tengah menuju jawa tengah melewati jalur surabaya – krian – mojokerto – jombang – kertosono – nganjuk – madiun – ngawi – sragen – surakarta. Sesampainya di surakarta bisa mengikuti petunjuk arah solo – dieng di atas.

Jalur ini juga bisa digunakan untuk hampir seluruh wilayah di jawa timur. Misalnya dari malang ke surabaya dahulu, dari kediri blitar tulungagung bisa langsung ke kertosono dan dari lamongan bisa langsung ke jombang.

Fasilitas dan Akomodasi di Bukit Sikunir

Karena sudah diolah menjadi tempat wisata, di kawasan sikunir kita bisa dengan mudah menemukan toilet umum, parkiran kendaraan dan penjual makanan ringan. Selain itu ada juga penjual sofenir khas daerah setempat.

parkiran sikunir

parkiran sikunir (sumber)

Homestay dan Hotel di Dieng

Sebagai tempat wisata yang sudah terkenal sejak lama tentu banyak hotel dan honestay di dieng. Jika Anda tidak siap untuk bermalam di tenda, menginap di penginapan tentu pilihan yang paling tepat. Jika Anda berkunjung pada musim liburan lebih baik memesannya sejak lama agar tidak kehabisan kamar. Selain itu lebih baik melihat review pengunjung lain di situs review hotel sebelum memesan kamar.

Tempat Camp di Bukit Sikunir

Untuk yang ingin mendirikan tenda di sekitar bukit sikunir, sudah ada tempat tersendiri yang dapat didirikan tenda. Tetapi mendirikan tenda disini membutuhkan ijin khusus dan membayar pada pengelola wisata setempat.

Waktu Terbaik Untuk Piknik Ke Bukit Sikunir

Waktu terbaik untuk pergi ke bukit sikunir adalah pada saat musim kemarau, tepatnya pada bulan juni, juli, agustus, september. Pada saat juni sampai september di kawasan dieng sedang dingin dinginnya. Pada saat itu hampir tidak ada kabut dan mendung yang menghalangi pandangan.

Tempat Wisata Lain Disekitar Bukit Sikunir

Ada banyak tempat wisat yang bisa dikunjungi ketika berada di dieng. Anda bisa mengunjungi semua telaga dan goa yang ada di sana. Selain itu ada candi arjuna dan kawah sikidang yang tidak boleh dilewatkan. Untuk yang hobi naik gunung, ada gunung prau yang masih berada di kawasan dieng.

telaga di sekitar dieng

telaga di sekitar dieng (sumber)

Hal – hal yang Perlu Diperhatikan Jika Mengunjungi Bukit Sikunir

  • Jangan lupa memakai pakaian hangat. Jaket, sarung tangan, dan penutup kepala wajib dibawa
  • Pastikan kendaraan pada keadaan prima karena jalanan akan menanjak.
  • Usahakan jangan menggunakan motor matic karenan medannya lumayan berat.
  • Gunakan alaskaki yang bisa digunakan untuk mendaki. Sepatu tracking atau sepatu olahraga adalah pilihan yang paling pas agar tetap bisa mendaki dengan nyaman dan tidak kedinginan.
  • Untuk melihat golden sunrise, datanglah lebih pagi, terutama pada saat misim liburan untuk memdapatkan tempat dan momen terbaik
  • Untuk sunrise yang maksimal sebaiknya berkunjung pada musim kemarau terutama pada bulan juni sampai september
  • Jika tidak menginap di dieng, pastikan pukul 2 pagi sudah sampai di wonosobo

 

Selamat ber piknikceria, dan jangan lupa bahagia 🙂

Author: TukangPiknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *