Tebing Bukit Banyu Mulok Tulungagung

Piknik ceria tak henti hentinya meng eksplor keindahan jawatimur untuk Anda semua. Kali ini kembali ke Tulungagung tepatnya di bukit banyu mulok. Bukit ini berada tepat di sebelah timur pantai coro (baca :  Pantai Coro : surga tersembunyi dengan ombak tenang) atau secara administratif berada di desa besole kecamatan besuki kabupaten tulungagung.

sunset di banyu mulok

sunset di banyu mulok (sumber)

Keunikan Banyu Mulok

Sesuai namanya dalam bahasa jawa banyu artinya air sedangkan mulok merupakan pengembangan dari muluk yang berarti naik. Penamaan ini didasarkan pada adanya air yang naik ke atas di tepi tebingnnya. Air yang naik ke atas ini tidak se tinggi dan banyak  di pantai pathuk gebang (baca : Pantai Patuk Gebang : Pantai Dengan Deburan Ombak Spektakuler) walaupun demikian jika beruntung disini terdapat pelangi yang indah hasil dari pembiasan cahaya oleh semburan air.

padang rumput banyu mulok

Selain semburan air dan pelangi, di banyu mulok juga terdapat padang rumput di atas bukit. Mungkin kalau padang rumput di bukit saja sudah biasa, tetapi jika dipadukan dengan laut tentu hasilnya akan beda dan sangat indah.

Rute Jalan Menuju Bukit Banyu Mulok

rute jalan yang dilalui untuk sampai ke tempat ini adalah jalur yang sama dengan rute jalan untuk menuju pantai coro. Jika wisatawan dari arah tulungagung bisa menggunakan jalur berikut :

• Dari pusat kota tulungagung (sekitar terminal gayatri maupun alun alun) menuju ke selatan ke arah campurdarat
  • Sesampainya di pertigaan lampu merah pasar campurdarat belok ke kiri
  • Ikuti arah menuju ke pantai popoh
  • Sesampainya di balaidesa besole belok ke kanan dan sekitar 500m dari situ belok ke kiri melewati gapura bertuliskan pantai popoh
  • Ikuti jalan sampai loket retribusi tempat wisata
  • Setelah mencapai loket retribusi, ambil arah ke reco sewu atau pantai coro
  • Kendaraan hanya bisa sampai reco sewu
  • Untuk ke banyu mulok harus jalan kaki dari reco sewu menuju pantai coro dan dilanjutkan ke bukit banyu mulok

Tebing Banyu Mulok Di Google Maps

Pada google maps tempat ini berada di koordinat 8’16’20.5S 111’48’58.5E atau dapat menggunakan tautan berikut : lokasi pantai

banyu mulok di google maps

Untuk penggunaaan GPS sendiri mulai sulit ketika memasuki tempat loket retribusi pantai popoh. Tapi jangan khawatir karena setelah sampai situ Cuma ada dua percabangan sehingga minim kemungkinan tersesat.

Kendaraan Umum ke Bukit Banyu Mulok

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, dari berbagai jurusan datanglah ke terminal tulungagung. Dari terminal cari angkutan berupa elf ke arah pantai popoh. Jumlah angkutan umum yang melewati jalur ini agak sedikit, jadi waktu keberangkatannya lumayan lama. Jika rombongannya banyak, tentu bisa dinegosiasikan dengan sopir untuk langsung berangkat.

Setelah naik kendaraan umum, beritahu sopir untuk turun di daerah reco sewu, tetapi jika lupa pun tujuan akhir di pantai popoh masih lumayan dekat dengan reco sewu, Cuma 1 bukit.

Banyu Mulok dari Terminal Gayatri

Dari terminal gayatri bisa langsung menggunakan rute yang di atas.

Banyu Mulok dari Surabaya

Jika pengunjung dari arah surabaya bisa menggunakan jalur surabaya, krian, mojokerto, mojoagung, jombang, kertosono, kediri, tulungagung. Jalur ini juga dapat digunakan oleh yang dari daerah utara seperti sidoarjo, gresik, lamongan hingga madura. Jalur alternatif lain adalah dari jombang ke kediri via simpang lima gumul.

Untuk yang menggunakan kendaraan umum paling disarankan menggunakan bus. Dari terminal purabaya bungurasih bisa langsung ke terminal tulungagung kemudian pindah menggunakan elf ke arah pantai popoh.

Jika ingin menggunakan kereta api bisa turun di stasiun tulungagung. Dari stasiun tulungagung ke terminal tulungagung berjarak sekitar 2 km dan pilihannya Cuma jalan kaki maupun naik becak. Opsi lain adalah turun di stasiun sumbergempol maupun ngujang, kemudian ganti naik bus ke arah terminal tulungagung

Banyu Mulok dari Malang

Untuk yang berasal dari malang maupun daerah timur seperti probolinggo, situbondo, bondowoso, banyuwangi, jember, maupun lumajang bisa menggunakan jalur kepanjen – wlingi (bisa juga lewat kanigoro) – blitar – ngunut – tulungagung.

Untuk yang berada di malang sebelah utara maupun kota batu akan lebih dekat jika menggunakan jalur malang – batu – pujon – kandangan – pare – kediri – tulungagung.

Banyu Mulok dari Trenggalek

Untuk yang berasal dari daerah trenggalek maupun daerah lain seperti ponorogo, pacitan, magetan, madiun, maupun daerah di jawa tengah bisa menggunakan jalur trenggalek – tulungagung. Sesampainya di pertigaan pasar durenan belok ke kanan ke arah bandung. Di perempatan bandung belok ke kiri arah campurdarat.

Fasilitas dan Akomodasi di Banyu Mulok

Untuk parkir, toilet, maupun penjual minuman dan makanan ringan berada di reco sewu. Sebaiknya Anda mempersiapkan kebutuhan dari reco sewu karena jarak ke reco sewu lumayan jauh.

Tempat Camping dan Mendirikan Tenda di Bukit Banyu Mulok

Untuk tempat mendirikan tenda bisa di atas bukitnya. Kelebihan mendirikan tenda di sini adalah bisa mendapatkan foto tenda berlatarbelakang jutaaan bintang dimalam hari, tentu jika langit sedang cerah dan membawa kamera yang mendukung long expose.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung Ke Banyu Mulok

Untuk menikmati bukit ini paling pas adalah ketika siang hari menjelang sore hari. Karena pada waktu ini ombaknya lumayan kencang dan kalau beruntung terdapat pelangi hasil dari semburan air ombak. Walaupun di sini untuk foto dengan latar belakang ombak sangat sulit, tetapi untuk bisa meyaksikannya lumayan mudah dan jika arah sinar mataharinya pas bisa ada pelanginya.

banyu mulok

Untuk yang menginap di pantai ini, tentu malam di pantai ini sangat indah dihiasi jutaan bintang (jika tidak mendung tentunya) karena berada di tepat tinggi dan lapang serta minim polusi cahaya.

Tempat Wisata Lain Disekitar Banyu Mulok

Untuk tempat wisata lain tentu yang sejalur adalah pantai coro dan reco sewu. Kedua tempat wisata itu sudah satu paket karena mau tak mau dilewati untuk mencapai banyu mulok. Jika ingin melanjutkan perjalanan ke arah timur dari banyu mulok, masih terdapat pantai dadap dan omben banteng.

Jika sudah bosan bermain air di pantai dan waktu masih panjang, bisa berkunjung ke jalur lintas selatan besuki. disana bisa melihat pemandangan teluk popoh dari atas.

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkunjung Ke Banyu Mulok

• Jangan rusak padang rumputnya. Gunakan jalan yang sudah ada
  • Bawa kembali sampahmu
  • Jika menginap, jangan lupa bawa kamera yang mendukung shutter speed yang panjang untuk memfoto bintang
  • Berhati – hati lah jika mau foto di pinggir tebing
  • Jangan lupa mampir ke tempat wisata lain di sekitarnya

Sekian dari tim piknikceria, jangan lupa pantengin terus media sosial kami di atas untuk mendapatkan info tempat tempat menarik. 🙂