Pulau Gili Labak : Surga Tersembunyi di Madura

Gili Labak Sumenep Madura

Setelah kemarin membahas dua pantai keren di pacitan (baca : Tempat Piknik Ceria Paling Asyik Di Pacitan) saatnya tim piknikceria bergeser dari ujung barat daya jawa timur menuju ujung timur laut jawa timur. Kali ini giliran tempat wisata yang lagi nge hits di kalangan anak muda surabaya dan sekitarnya yaitu Gili Labak.

pasir putih pantai

pasir putih pantai

Gili Labak sendiri merupakan sebuah gili yang menawan yang secara administratif berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango,  kabupaten sumenep jawa timur. Gili sendiri merupakan sebutan untuk sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan. Jadi gili seolah – olah  mengambang di laut.

gili labak dari atas

gili labak dari atas

Pulau ini sangat kecil, hanya sekitar 8 lapangan sepak bola. Untuk mengelilingi pulau ini pun hanya membutuhkan 30 menit jalan kaki. Tetapi di sini ada penghunu asli yang berjumlah sekitar 35 kk. Sehingga bukan merupakan pulau kosong yang terpencil.

Keunikan Gili Labak

Gili labak merupakan pulau kecil yang hampir seluruhnya dikelilingi pasir putih yang keren. Atraksi utama adalah snorkling. Tetapi bagi yang tidak bisa snorkling bisa juga hanya bermain air di pantai maupun berjemur. Selain itu hal wajib lainnya adalah foto – foto.

bintang laut di gili labak

bintang laut di gili labak

Snorkling dan Diving di Gili Labak

Inilah hal utama yang bisa dilakukan di sini. Karena terdapat beberapa spot bawah laut yang kaya akan biota laut. Tetapi perlu di ingat bahwa wisatawan harus membawa sendiri peralatan untuk diving karena belum ada persewaannya. Selain itu di pulau ini juga tidak ada air tawar untuk membilas. untuk membilas ada sumur warga yang airnya sedikit asin.

Tetapi bagi yang nekat jangan khawatir, karena keindahan bawah lautnya sepadan dengan pengorbaan nya. Selain itu air lautnya juga tenang sehingga untuk para pemula tidak usah khawatir terseret arus.

Rute Jalan Menuju Gili Labak Madura

Untuk mencapai pulau ini dari sumenep tidak ada kendaraan reguler. Jalan satu – satunya adalah menyewa perahu – perahu nelayan. Untuk harga sewanya tidak ada patokan resmi, tergantung negosiasi antara wisatawan dengan pemilik kapal. Harga yang biasa kurang lebih sekitar Rp 400.000 untuk perahu kapasitas 18 orang pulang – pergi. Untuk hari biasa tentu bisa lebih murah dari itu sedangkan pada hari libur bisa saja lebih mahal.

Citra Satelit Gili Labak

Citra Satelit Gili Labak

Sebenarnya ada beberapa pelabuhan yang bisa digunakan untuk menuju ke gili labak. Pelabuhan pelabuhan tersebut antara lain :

  • Pelabuhan Kalianget. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama di sumenep untuk menuju pulau – pulau kecil di sekitarnya. Pelabuhan utama untuk ke gili labak pun biasanya dari sini. jika pengunjung start dari kalianget, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke gili labak.
  • Desa Lobuk, Kecamatan Bluto. Kecamatan ini terletak sebelum kota sumenep jika pengunjung dari arah surabaya. Merupakan rute terdekat dari rute – rute lainnya. Letak dermaganya berada di desa lobuk yaitu dengan arah dari pertigaan kecamatan bluto belok ke kanan. Disini wisatawan bisa memesan perahu pada dermaga kecil. Untuk rute reguler dari dermaga ini selain gili labak adalah gili raja dan gili genting.
  • Tanjung, Kecamatan Saronggi. Kecamatan Saronggi jika dari surabaya berada setelah Kecamatan Bluto. Di pertigaan pusat kecamatan ini bisa belok kanan dan di ujungnya da pula dermaga menuju gili labak.
  • Desa Kombang, Kecamatan Talango Pulau Poteran. Jika menggunakan rute ini, wisatawan dari pelabuhan kali anget tidak langsung menuju gili labak. Tetapi menuju ke pulau poteran dahulu. Kelebihannya dari jalur ini adalah jalur tempuh laut dari desa kobang ke gili labak lebih dekat daripada via kali anget sehingga biaya sewa perahu bisa nego lebih murah.

Lokasi Gili Labak di Google Maps

Gili Labak Berada di koordinat S7’12’10.3″ E114’02’47.4″ atau wisatawan dapat mengunjungi tautan berikut : lokasi pulau

Lokasi Gili Labak di Google Maps

Lokasi Gili Labak di Google Maps

Sebaiknya wisatawan jika menggunakan google maps mencari saja lokasi pelabuhan yang akan digunakan, bukan lokasi pulau.

Kendaraan Umum Ke Gili Labak Madura

Untuk yang ke gili labak menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan bus dari terminal purabaya bungurasih surabaya. Dari terminal cari bus ke arah sumenep. Perjalanan surabaya sumenep via suramadu membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Kemudian sesampainya di sumenep pengunjung bisa mencari angkutan ke pelabuhan kali anget.

Untuk yang berasal dari luar jawa timur pun bisa menggunakan jalur ini. Bagi yang menggunakan pesawat bisa turun di bandara juanda dan melanjutkan ke terminal bungurasih menggunakan bus damri maupun taksi. Hal ini cocok untuk wasatawan dari jakarta, bandung, sumatra, kalimantan, hingga sulawesi.

Gili Labak dari Surabaya

Untuk wisatawan yang berasal dari surabaya dan sekitarnya seperti mojokerto, gresik, lamongan, sidoarjo, pasuruan, dan lainnya bisa menyebrang ke madura melewati jembatan suramadu. Setelah sampai di pulau madura bisa langsung menuju arah sumenep yang ada di ujung timur. Perjalanan biasanya memerlukan waktu sekitar 4 sampai 5 jam.

Untuk yang akan menggunakan kendaraan umum bisa langsung menuju terminal purabaya bungurasih. Dari seluruh kota surabaya ada kendaraan umum menuju ke terminal bungurasih.

Gili Labak dari Malang

Untuk wisatawan yang berasal dari malang maupun kota kota lain di sekitarnya seperti lumajang, jember, batu hingga blitar bisa langsung menuju ke jembatan suramadu untuk menyeberang ke pulau madura melewati lawang – pandaan – porong – sidoarjo – surabaya – suramadu . Hal yang sama juga berlaku untuk kota yang berada di jawa timur sebelah barat seperti tulungagung, kediri dan trenggalek.

Gili Labak dari Solo dan Jogja

Untuk wisatawan dari arah jogja bisa melewati jalur jogjakarta – klaten – surakarta – seragen – ngawi – magetan – madiun – nganjuk – kertosono – jombang – mojokerto – krian – surabaya. Sesampainya di surabaya bisa langsung ke madura via suramadu.

Untuk yang hobi menggunakan kendaraan umum pun tersedia banyak pilihan, mulai dari pesawat, kereta api, hingga bus. Untuk pesawat bisa langsung menuju ke bandara juanda dan melanjutkan ke terminal bungurasih. Untuk yang hobi naik kereta bisa turun di stasiun wonokromo maupun stasiun gubeng. Selanjutnya naik bus kota menuju ke terminal bungurasih. Bagi yang naik bus bisa langsung menggunakan bus jurusan jogja – surabaya.

Fasilitas dan Akomodasi di Gili Labak

Untuk fasilitas di sini sangat minim. Wisatawan harum membawa sendiri dari pulau madura. Disinitidak ada air tawar sehingga pengunjng harus membawa air tawar sendiri. Selain air yang jarang, makanan pun juga jarang. Sehingga disarankan untuk mempersiapkan akomodasi dengan baik. Untuk listrik hanya ada pada malam hari.

Tempat Camping dan Mendirikan Tenda di Gili Labak

Untuk yang berniat camp di pulau bisa saja. Tetapi harus koordinasi dengan pemilik perahu. Hal ini lebih dianjurkan untuk yang ingin melihat sunset maupun sunrise serta milkyway yang menabjubkan. Selain itu di pulau ini tidak ada penginapan sehingga jalan satu – satunya adalah dengan cara camping membawa tenda.

Waktu Terbaik Ke Pulau Gili Labak

Untuk menghasilkan foto yang terbaik dengan pasir putih yang sangat bersih adalah pada waktu siang hari dan langit cerah. Pada foto – foto di internet yang menunjukkan pasir yang putih bersih pun diambil pada siang hari. Tapi kosenuensinya adalah harus memakai sunblok dan kacamata hitam karena sinar matahari yang sangat menyengat.

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berkunjung ke Pulau Gili Labak

sunset di tepi pantai

sunset di tepi pantai

  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jangan lupa membawa baju ganti, untuk snorkling
  • Bawa peralatan Snorkeling Dan Diving sendiri karena disini belum ada yang menyewakan
  • Bawa sunblok dan kacamata hitam, karena di gili labak mataharinya sangat menyengat
  • Bawa kamera baah air untuk mengabadikan keindahan bawah air yang sawang untuk tidak di upload di medsos
  • Jangan lupa membawa makanan dan minuman yang cukup
  • Cara paling mudah untuk mencapai pulau ini bagi kelompok kecil adalah dengan menggunakan paket wisata yang banyak dimulai dari surabaya
kayu di pinggir pantai

kayu di pinggir pantai

Selamat ber piknikseria di madura 🙂

Author: TukangPiknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *