Pantai Banyu Tibo Pacitan : Pantai Unik Dengan Air Terjun Di Tepinya

Pantai Banyu Tibo Pacitan : Pantai Dengan Air Terjun Unik

Setelah minggu kemarin membahas tuntas tentang tulungagung, kali ini saatnya untuk bergeser ke barat ke arah pacitan. Setelah kemarin membahas pantai klayar (baca : Pantai Klayar Pacitan : Pantai Eksotis Yang Tiada Duanya) kali ini piknik ceria akan mengulas lebih jauh tentang pantai lain yang tak kalah eksotisnya di pacitan, yaitu pantai banyu tibo.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo (Sumber)

Pantai ini secara administratif berada di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Desa ini merupakan desa yang dekat dengan perbatasan antara jawatimur dan jawa tengah, sehingga pantai ini lumayan jauh jika pengunjung dari arah timur yaitu sekitar 45 km dari pusat kota pacitan.

Pantai Banyu Tibo Sumber

Pantai ini dinamakan banyu tibo karena pada bibir pantai nya ada air yang jatuh dari atas membentuk air terjun. Banyu dalam bahasa jawa berarti air sedangkan tibo berarti jatuh. Jadi penamaannya berasal dari air yang jatuh ke pantai.

Air Terjun Pantai Banyu Tibo

Pantai berpasir putih dan air laut yang bersih ini berbeda dengan pantai – pantai lain di Pacitan pada umumnya. Yang membuat pantai ini unuk adalah adanya air terjun yang jatuh langsung ke bibir pantai. Air yang jatuh ini berasal dari air sumber mata air yang berada di sekitar pantai sehingga rasa airnya tawar tidak asin. Selain itu air terjun ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo (Sumber)

Sepintas pantai ini mirip pantai banyu anjlok di malang, tetapi yang membedakan adalah air terjun di pantai ini lebih tinggi, dan pasirnya lebih putih.

Rute Jalan Menuju Pantai Banyu Tibo

Untuk rute jalan menuju pantai Banyu tibo dari kota pacitan sebenarnya hampir  sama dengan rute menuju pantai klayar, bedanya ketika sampai di Panung ambil arah menuju Banyu tibo, atau jika sudah mencapai desa kalak (desa yang sama dengan pantai klayar) bisa tanya penduduk sekitar arah ke pantai.

Jalan menuju pantai banyu tibo

Secara geris besar rutenya adalah :

• Dari pacitan kota menuju arah jalan utama pacitan – solo
  • Terus saja hingga menemukan pasar punung
  • Setelah sampai pasar punung cari pertigaan masjid besar punung, letak masjid setelah pasar jika dari arah pacitan.
  • Di pertigaan masjid belok ke keri, kemudian terus sampai menemukan pertigaan lagi dan belok ke kanan
  • Jalan ini merupakan jalan aspal menuju kompleks goa gong, sehingga bisa dijadikan patokan.
  • Di kompleks goa gong ambil jalan ke arah kalak (ada petunjuk arahnya)
  • Temukan perempatan balai desa kalak dan belklah ke arah kiri
  • Terus hingga menemukan pertigaan pasar kalak
  • Di pertigaan pasar kalak ambil ke arah kanan ke desa widoro
  • Ikuti terus jalan ini hingga menemukan tandon penampung air yang menunjukkan arah pantai banyu tibo.
  • Ikuti terus petunjuk jalan hingga mencapai tepi pantai

Lokasi Pantai Banyu Tibo di Google Maps

Pantai ini berada di koordinat 8’12’44.1’’S 110’54’48.1E atau bisa mengikuti tautan berikut : lokasi pantai

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Perlu di ingat kalau di sekitar pantai beberapa provider ponsel tidak terdapat sinyal sehingga lebih baik mengingatnya sejak di punung

Pantai Banyu Tibo Dari Yogyakarta

Untuk wisatawan dari jogja dan daerah yang sejalur seperti bantul, purworejo, sleman, hingga magelang bisa melewati jalur jogja – wonosari – pracimantoro – hingga ke punung. Sesampainya di punung bisa mengikuti petunjuk arah di atas.

Pantai Banyu Tibo Dari Solo

Untuk wisatawan yang berasal dari solo dan juga yang sejalur seperti seragen, karanganyar, boyolali, salatiga hingga semarang bisa melewati jalur surakarta – sukoharjo – wonogiri – pracimantoro sesampainya di perempatan pasar hewan pracimantoro bisa ke arah timur menuju ke punung dan mengikuti jalur di atas

Pantai Banyu Tibo Dari Malang

Untuk yang berasal dari timur seperti daerah malang, pasuruan, probolinggo, situbondo, bondowoso, banyuwangi, jember, maupun lumajang bisa melalui jalur selatan yaitu melewati kepanjen, kanigoro, blitar, tulungagung, trenggalek, ponorogo, dan ke kota pacitan.

Pada saat penulis ke sana jalur trenggalek ponorogo jembatannya rusak sehingga penulis menuju jalur trenggalek – dongko – panggul dan melewati jalur lintas selatan atau jls ke pacitan.

Jalur ini juka berlaku untuk wasatawan yang dari daerah seperti kediri, pare dan batu. Yang dari batu bisa lewat kandangan kemudian ke pare dan dilanjutkan ke kediri. Setelah itu ke selatan menuju tulungagung dan mengikuti jalur lintas selatan ke pacitan.

Pantai Banyu Tibo Dari Surabaya

Untuk wisatawan yang berasal dari surabaya maupun daerah disekitarnya seperti madura, sidoarjo, gresik, lamongan bisa melewatri jalur tengah yaitu lewat krian – mojokerto – mojoagung – jombang – perak – kertosono – nganjuk – madiun – ponorogo – pacitan. Kemudian dari pacitan bisa mengikuti jalur di atas.

Jalur ini juga perlaku untuk daerah jawatimur sebelah utara seperti bojonegoro, tuban, ngawi, hingga magetan bisa langsung menuju madiun untuk jalur yang lebih dekat.

Fasilitas Pantai Banyu Tibo

Untuk fasilitas bagi wisatawan di tepu pantai terdapat parkiran motor. Selain itu ada pula warung yang menyediakan makanan dan minuman kecil. Untuk yang main air di pantai jangan khawatir, di sekitar pantai terdapat kamar mandi untuk membilas dengan air yang sangat segar.

toilet pantai banyu tibo

Tempat Camping dan Mendirikan Tenda di Pantai Banyu Tibo

Untuk yang ingin mendirikan tenda di pantai, tidak bisa di bibir pantai karena terlalu sempit. Alternatifnya adalah mendirikan tenda di sekitar parkiran dan warung – warung pantai. Disini lebih aman dan ada kamar mandinya.

warung pantai banyu tibo

Waktu Terbaik ke Pantai Banyu Tibo

Untuk waktu terbaik mengunjungi pantai adalah ketika air laut sedang surut. Pantai ini sempit dan ombaknya tinggi, ketika sedang pasang pantai akan semakin sempit lagi. Jadi dianjurkan jika ingin bermain air di pantai untuk mengunjungi pantai ini pada saat surut dengan mencari informasi di bmkg.

Tempat Wisata Lain Disekitar Pantai Banyu Tibo

Pacitan dikenal sebagai kota seribu goa. Sehingga tampat wisata lain yang sangat dianjurkan dan relatif dekat adalah goa – goa yang ada di pacitan seperti goa gong. Selain itu terdapat pula pantai – pantai yang indah, pantai terdekat lain yang tak kalah eksotis dan wajib dikunjungi seperti pantai klayar (baca : Pantai Klayar Pacitan : Pantai Eksotis Yang Tiada Duanya)

Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengunjungi Pantai Banyu Tibo

• Jangan lupa membawa pakaian ganti untuk basah basahan main air
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin karena untuk ke bibir pantai harus turun tebing yang lumayan licin walau tebingnya tidak terlalu tinggi
  • Lokasi pantai agak mblasuk sehingga disarankan untuk siap medan yang sulit
  • Persiapkan kendaraan dengan baik, jangan lupa cek tekanan ban agar siap diajak ke jalan yang sulit dan agar tidak bocor
  • Pakalah pakaian yang sesuai karena untuk ke bibir pantai harus menuruni tebing yang curam

Selamat ber piknikceria di pacitan 🙂