Pantai Coro : surga tersembunyi dengan ombak tenang

Pantai Coro : surga tersembunyi dengan ombak tenang

Pantai yang terletak di desa besole kecamatan besuki ini merupakan pantai dengan pasir putih dan tipe ombak yang tenang. Pantai coro dinakan demikian karena menurut cerita warga sekitar pada saat ditemukan dulu terdapat banyak coro atau kecoak di pantainya. Tapi bagi yang takut dengan kecoak tenang saja, berkali kali admin ke sana belum menemukan kecoak sama sesali.

pantai coro

pantai coro sumber : jambulrhoma.blogspot.com

Rute Jalan Menuju Pantai Coro

Untuk mencapai pantai coro yang berada sekitar 35km di selatan pusat kota tulungagung ini cukup mudah. Walau di akhir harus jalan kaki melewati dua bukit, namun jalan aspal dari kota menuju ke parkiran yang bertempat di padepokan reco sewu sudah mulus. Selain itu untuk yang menggunakan angkutan umum juga sudah tersedia. Dari pusat kota tulungagung rute yang bisa ditempuh antara lain.

  • Dari pusat kota tulungagung menuju ke arah selatan ke kecamatan boyolangu
  • Sesampainya ke boyolangu terus ke arah kecamatan campurdarat
  • Ikuti jalan hingga menemukan pertigaan pasar campurdarat
  • Di pertigaan pasar campurdarat belok ke arah kiri
  • Terus saja hingga menemukan desa besole, sekitar 10km dari pasar campurdarat
  • Setelah melewati balai desa besole jalan akan belok ke barat
  • Tak jauh dari situ cari pertigaan dengan gapura pantai popoh
  • Ikuti jalan yang mengarah ke pantai popoh
  • Sebelum mencapai pantai akan ada loket retribusi tempat wisata
  • Setelah mencapai pemukiman penduduk cari arah ke reco sewu
  • Arah reco sewu ke kiri sedangkan pantai popoh ke kanan
  • Parkir kendaraan di parkiran reco sewu
  • Lanjutkan berjalan kaki ke arah timur melewati jalan tanah ke arah pantai coro

Lokasi Pantai Coro Di Google Maps

Pantai coro pada koordinat -8.2676474,111.8088891,2813 Atau dapat menggunakan tautan berikut : lokasi pantai

Peta Lokasi Pantai Coro

Peta Lokasi Pantai Coro

Jika pengunjung menggunakan google maps, sebaiknya menghafalkannya sebelum loket karcis. Karena setelah loket karcis sinyal agak susah didapatkan.

 

Kendaraan Umum ke Pantai Coro

Untuk kendaraan umum ke pantai coro bisa di cari di terminal tulungagung. Tetapi jumlah dan jadwalnya agak terbatas. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, lebih baik sampai terminal gayatri tulungagung sangat pagi dan kemudian pulang sebelum jam 3 sore.

Pilih kendaraan umum yang menuju pantai popoh, kemudian minta turun di reco sewu. Untuk kembali bisa menunggu di jalan yang dilewati ataupun ke pantai popoh langsung.

Pantai Coro Dari Terminal Gayatri

Untuk pengunjung yang memulai perjalanan dari terminal gayatri tulungagung bisa memilih menggunakan kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum bisa langsung mencari kendaraan umum yang menuju pantai popoh. Jika menggunakan kendaraan pribadi langsung saja ke arah timur dan lampu lalulintas pertama ke arah kanan menuju ke arah pantai popoh.

Pantai Coro dari Trenggalek

Untung wisatawan yang dari arah barat seperti trenggalek, ponorogo, pacitan, madiun, magetan dan wilayah lain di jawa timur, jawa tengah maupun jogajakarta bisa melalui rute lain. Rute tersebut adalah dari pusat kota trenggalek ke arah durenan. Dari pertigaan pasar durenan tidak ke arah tulungagung tetapi ke arah kanan menuju kecamatan bandung. Sesampainya di bandung belok ke kiri arah pasar bandung. Di depan pasar bandung ada pertigaan lagi, ambil ke kanan ke arah kecamatan besuki. dari besuki terus saja sampai ke niyama dan cari pertigaan yang ada arah pantai popoh.

Pantai Coro dari Surabaya

Untuk yang dari surabaya jika ingin menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan bus ke arah tulungagung. Bus surabaya – tulungagung ada 24 jam dan terdapat kelas ekonomi, ac tarip biasa, dan juga patas. Dari terminal purabaya bungurasih sampai terminal gayatri tulungagung membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sebaiknya jika menggunakan kendaraan umum benrangkat dari surabaya jam 2 dini hari. Jika ingin menginap di pantai juga jangan lebih dari jam 10 siang berangkat dari surabaya untuk mengejar kendaraan umum di tulungagung.

Yang menggunakan kedaraan pribadi bisa melewati rute surabaya – krian – mojokerto – mojoagung – jombang – kertosono – kediri – tulungagung. Atau juga bisa menggunakan jalur alternatif seperti via pare.

Pantai Coro dari Malang

Untuk wisatawan dari malang lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Kalau menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan jalur malang – kepanjen – karangkates – kesamben – kanigoro – blitar – ngunut – tulungagung. Selain itu ada juga jalur alternatif seperti via batu – kandangan – pare – kediri – tulungagung, atau lewat wlingi – blitar – srengat – ngantru – tulungagung.

Tempat Wisata Lain Di Sekitar Pantai Coro

Tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di pantai coro ada beberapa, mulai dari pantai popoh, reco sewu, bukit banyu mulok hingga pantai dadap. Sangat disarankan untuk ke bukit banyu mulok yang berada tepat di samping pantai coro.

reco sewu

reco sewu

Hal – hal yang perlu diperhatikan jika mengunjungi pantai coro

  • Sebaiknya datang ke pantai agak pagi atau sore sekalian. Karena tidak ada tempat beteduh di pantai
  • Waktu terbaik adalah sore hari dan pas matahari di sebelah selatan
  • Gunakan alas kaki dan kostum yang bisa digunakan untuk jalan jauh
  • Jaga prilaku karena jalan ke pantai melewati kebun warga sekitar
  • Sebaiknya beli minuman di reco sewu karena di pantai tak ada orang jualan
senja pantai coro

senja pantai coro

Sekian dari piknik ceria, selamat menikmati liburan di tulungagung ^^

Author: Edan Piknik

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *