Pantai Patuk Gebang : Pantai Dengan Deburan Ombak Spektakuler

Pantai Patuk Gebang Tulungagung

Pada postingan kali ini, piknikceria akan mengulas tentang pantai yang sangat spektakuler di tulungagung. Pantai yang sempat nge hits beberapa waktu lalu ini terkenal karena deburan ombaknya yang mengenai batu karang hingga muncrat ke atas dan tentunya pantai yang bernama pantai patuk gebang atau pathok gebang alias pathuk gebang ini masih alami.

deburan ombak pantai patuk gebang

Pantai pathuk gebang terletak di desa jengglungharjo, kecamatan tanggunggunung, kabupaten Tulungagung. Tempat nya berada tepat di sebelah barat pantai sanggar yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya, dan juga di sebelah timur kalipucung.

Panorama Pantai Patuk Gebang

Untuk pantai nya cenderung biasa, yang membedakan pantai ini dengan pantai – pantai yang lain adalah bukit karang di sebelah parat pantai yang dapat memecah ombak hingga muncrat ke atas. Atraksi ala waterboom inilah yang ditunggu – tunggu oleh wisatawan hingga rela untuk jalan kaki jauh menyusuri hutan. Pantai ini juga belum terlalu terekpos secara luas sehingga masih alami.

Weterboom alami pantai patuk gebang

Salah satu atraksi utama yang dinantikan pada pantai patuk gebang adalah deburan ombak yang menatap karang dan kemudian muncrak ke atas. Deburan ombak ini sangat spektakuler karena bisa mencapai ketinggian belasan meter. Para wisatawan biasanya main air sambil foto foto di tempat ini.

ombak yang spektakuler di pantai patuk gebang

ombak pantai patuk gebang

Jika ingin menikmati atraksi ini, sebaiknya wisatawan sampai di pantai siang menjelang sore hari. Tetapi jangan waktu musim angin karena ombak tinggi dan berbahaya. Walaupun sangat menyenangkan wisatawan sebaiknya hati hati karena ombaknya sangat besar. Admin sendiri sampai lupa waktu karena bermain air di tempat ini.

Rute Jalan Menuju Pantai Patuk Gebang

Untuk menuju pantai pathok gebang, pengunjung bisa menggunakan jalan yang sama dengan jalan menuju pantai sanggar. Jalan yang bisa ditempuh dari pusat kota tulungagung adalah :

• Dari pusat kota tulungagung ke arah selatan menuju kecamatan Boyolangu, dan dilanjutkan menuju kecamatan campurdarat.
  • Setelah sampai di pertigaan pasar campurdarat, belok ke arah kiri menuju arah pantai popoh
  • Sekitar 7km dari pertigaan pasar campurdarat, terdapat pertigaan lagi yaitu pertigaan SMA 1 Campurdarat. Walaupun sman 1 campurdarat berada di pojok pertigaan, tapi pagarnya yang tinggi membuat orang kesulitan menemukannya, jadi untuk memastikan benar atau salah, setiap ada pertigaan besar ke kiri lihat di pojoknya.
  • Pada pertigaan sman 1 campurdarat belok ke arah kiri menuju kecamanan tanggung gunung. Sebelum pertigaan ada papan petunjuk arah Tanggungunung.
  • Sesampainya di kecamatan Tanggunggunung, cari lokasi SMPN 1 tanggunggunung, lokasi smp berada sekitar 1km setelah pasar tanggunggunung. Jadi setelah  sampai pasar tanggunggunung lebih baik pelan pelan saja.
  • Setelah sampai di SMPN 1 Tanggunggunung, pas di depannya terdapat pertigaan. Di pertigaan tersebut ambil arah belok kanan dan ikuti jalan yang beraspal.
  • Dari smp sampai pantai lumayan jauh, dan jalannya rusak. Perlu waktu sekitar 45 menit untuk sampai desa terakhir. Jika kurang yakin bisa tanya penduduk sekitar.
  • Desa terakhir ditandai dengan jembatan dan gapura pantai sanggar. Di desa ini cari petunjuk arah pantai sanggar. Tempatnya berada di gang kecil samping masjid.
  • Jika menggunakan mobil bisa memarkir kendaraan di desa terakhir
  • Jika memakai motor bisa masuk masuk hingga pantai sanggar atau jika hujan bisa parkir di bukit desa terakhir. Di bukit tersebut ada dua parkiran sepeda motor. Satu di bawah, yang kedua di atas agak jauh.
  • Dari parkiran sampai pantai sanggar bisa jalan kaki dan memerlukan waktu 30-60 menit tergantung individu masing masing
  • Setelah sampai pantai sanggar bisa traking menuju bukit di arah barat dan kemudian turun ke pantai patuk gebang. Untuk pemula bisa memakan waktu 1 jam karena bukitnya terjal dan lumayan tinggi.
pantai sanggar dari atas bukit antara pantai sanggar dan pantai patuk gebang

pantai sanggar dari atas bukit antara sanggar dan pantai patuk gebang

Jika pengunjung terpasa jalan kaki dari parkiran ke pantai sanggar, sebaiknya jika waktu masih panjang (sampai pantai sanggar sebelum jam 12 siang) nikmati dulu pantai sanggar sambil istirahat di warung karena perjalanan ke pantai patuk gebang masih lumayan jauh. Kemudian sebelum melanjutkan perjalanan ke pathuk gebang beli lah air untuk bekal karena jalannya lumayan jauh dan tidak ada warung di patok gebang.

Lokasi pantai pathuk gebang di google maps

Pantai pathok gebang berada pada koordinat 8’18’10.3”S 111’54’05.8”E Atau dapat menggunakan tautan berikut : lokasi pantai

lokasi pantai patuk gebang di google maps

Jika pengunjung menggunakan google maps, wisatawan hanya bisa mengguakannya hingga desa terakhir atau kalau sinyalnya bagus bisa sampai bukit sebelum pantai sanggar. Sesampainya di pantai pathok gebang, samasekali tiada sinyal. Jadi manfaatkan maps sebelumnya dan ingat ingat jalan menuju lokasi

Pantai pathok gebang dari terminal gayatri

Untuk wisatawan yang memulai dari terminal gayatri bisa langsung ke arah timur. Di timur terminal ada perempatan lampu merah yang kalau ke kanan ke arah kecamatan campurdarat.

Pantai patok gebang dari trenggalek

Untuk wisatawan pantai patuk gebang yang dari arah barat seperti trenggalek, pacitan, ponorogo, madiun, magetan dan lain lain bisa menggunakan jalur trenggalek, durenan. Sesampainya di pasar durenan bisa belok kanan ke arah kecamatan bandung. Di perempatan barat pasar bandung belok ke kiri ke arah kecamatan campurdarat. Jalur ini lebih cepat daripada harus memutar ke tulungagung kota.

Pantai patuk gebang dari surabaya

Untuk pengunjung yang datang dari arah surabaya bisa melewati jalur bus yaitu surabaya – waru – krian – mojokerto – jombang – kertosono – kediri – tulungagung. Kemudian sesampainya di tulungagung bisa mengikuti petunjuk arah di atas.

Pantai patuk gebang dari malang

Untuk wisatawan yang dari arah malang bisa melewati jalur malang – kepanjen – blitar – kademangan – ngunut – tulungagung. Dari kepanjen ke blitar bisa melewati jalur wlingi maupun jalurkanigoro yang lebih dekat.

Tempat mendirikan tenda di pantai patuk gebang

Untuk yang ingin melanjutkan perjalanan keesokan harinya ke pantai – pantai lain seperti jung pakis dan kalipucung bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Tetapi lokasi pingir pantai patuk gebang pada waktu admin ke sana masih ditumbuhi tanaman liar yang lumayan tinggi.

Jika tujuan akhir cuma sampai patuk gebang dantidak melanjutkan ke pantai pantai lain bisa juga mendirikan tenda di pantai sanggar yang lebih bebas dari tanaman liar, walau resikonya tidak bisa melanjutkan ke pantai pantai lain.

Hal – hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi pantai patuk gebang

• Disarankan menggunakan sepatu tracking atau sandal dan menggunakan pakaian yang cocok untuk jalan jauh serta naik gunung. Hal ini karena satu satunya jalan ke pantai patuk gebang harus ditempuh dengan jalan kaki dan cukup jauh melintasi hutan berbukit.
  • Gunakan alas kaki yang tebal dan kuat dikarenakan permukaan patuk gebang merupakan batu karang yang masih tajam. Jadi jika ingi foto di waterboom alami ini harus pakai alas kaki. Admin sendiri pada kunjungan pertama sandalnya terbelah menjadi dua karena terkena karang.
  • Jalan menuju pantai sanggar melewati ladang pertanian warga. Jadi harus menjaga sikap.
  • Jangan membuat tulisan apapun pada batu karang.
  • Bawa barang bawaan secukupnya agar lebih mudah untuk melewati bukit antara pantai patok gebang dan pantai sanggar.
  • Bawalah pakaian ganti jika ingin main air dan basah basahan
  • Lebih dianjurkan untuk menggunakan kamera action
  • Jangan nekat menuju tempat tempat yang berbahaya.
panorama pantau patuk gebang dari atas bukit

Sekian dari piknikceria, semoga piknik kalian di pantai patuk gebang menyenangkan.